Kompas TV regional berita daerah

Kawasan Wisata Bromo Kembali Dibuka Untuk Wisatawan Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Kompas.tv - 29 Agustus 2020, 02:17 WIB
Penulis : Herwanto

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV-

Eksotika wisata Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura Probolinggo, Jawa Timur, bisa kembali dinikmati para wisatawan. Ya, destinasi wisata internasional itu dibuka kembali pada Jum'at, 28 agustus 2020.

Karena masih dalam kondisi pandemi, maka berbagai penyesuaian adaptasi kebiasaan baru akan diberlakukan, seperti penerapan protokol kesehatan hingga edukasi hidup sehat kepada warga dan para pengunjung.

Masyarakat Suku Tengger yang mendiami kawasan Bromo, dan khususnya para pelaku wisata sangat antusias dengan rencana Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) membuka kembali wisata Bromo.

Selama kawasan Bromo ditutup selama kurang lebih 6 bulan, mayoritas warga Tengger kehilangan mata pencaharian dan seakan mati suri, mulai dari penyedia jasa kuda, hotel, rumah makan, pedagang kaki lima, dan penyedia transportasi jeep Bromo.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo juga telah membuka sejumlah destinasi wisata penyangga di kawasan lereng Bromo. Penerapa protokol kesehatan Covid-19 akan diberlakukan secara ketat saat wisata Bromo dibuka.

Untuk menikmati geopark Bromo, wisatawan harus membeli tiket via online, karena BB TNBTS tidak melayani pembelian tiket di loket. Selain itu, jumlah pengunjung akan dibatasi hingga 40% dari jumlah kunjungan sebelum pandemi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x