Kompas TV TALKSHOW satu meja

Demokrasi Diretas? Tren Politik atau Residu Demokrasi ?- SATU MEJA THE FORUM (Bag 4)

Kamis, 27 Agustus 2020 | 00:14 WIB

Lanskap dunia yang berubah mempengaruhi tren politik di Indonesia. Gelombang digital di segala lini mengubah pola komunikasi. Dunia yang makin digital menghadirkan buzzer dan influencer. Namun, kehadiran entitas baru dalam demokrasi ini menuai kontroversi. Apakah kehadirannya baik bagi demokrasi atau sebaliknya menjadi residu dan menggerogoti sistem demokrasi.

Tak hanya buzzer dan influencer. Maraknya aksi peretasan juga menjadi batu uji bagi demokrasi. Aksi ini dinilai mengancam kebebasan berpendapat dan berekpresi yang menjadi prasyarat utama demokrasi. Serangan digital ini juga dianggap sebagai upaya pembungkaman terhadap kritik. Padahal, seperti juga kebebasan berekspresi, kritik juga menjadi prasyarat demokrasi karena menjadi penanda adanya partisipasi publik.

Lalu bagaimana sebenarnya nasib demokrasi kita setelah 75 tahun merdeka? Apa benar maraknya peretasan menjadi ancaman bagi demokrasi? Lalu bagaimana dengan buzzer dan influencer. Apakah ini tren politik atau hanya residu demokrasi? 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:06
PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI, JUSUF KALLA MENGATAKAN PMI SIAP KIRIMKAN SUKARELAWAN   KETUA PMI JUSUF KALLA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA UNTUK GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI    JAKPRO : 40,85 PERSEN AREAL TAMAN ISMAIL MARZUKI DIREVITALISASI   KPU KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR, SELENGGARAKAN SIMULASI PEMILIHAN SAAT PANDEMI COVID-19   MANTAN MENKES SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA, KPK BERHARAP MENJADI EFEK JERA   BAWASLU REJANG LEBONG, BENGKULU, MENGAKU KESULITAN TERTIBKAN KAMPANYE PILKADA MELALUI MEDSOS   HINGGA 31 OKTOBER 2020, KASUS TERKONFIRMASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN MENCAPAI 1.823 ORANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PELABUHAN PATIMBAN SIAP BEROPERASI DI MINGGU KE-3 NOVEMBER   DEPOK PERPANJANG PEMBATASAN JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN HINGGA 14 NOVEMBER 2020   KOGABWILHAN I SEBUT RS KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, MERAWAT 341 PASIEN POSITIF COVID-19   PERANCIS TAWARKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TERORIS TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN AGAMA APA PUN   PRESIDEN JOKOWI: PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS MELUKAI PERASAAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGECAM KERAS PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS YANG MENGHINA AGAMA ISLAM