Kompas TV nasional sosial

Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat N250 Gatotkoco

Kompas.tv - 26 Agustus 2020, 22:31 WIB
panglima-tni-resmikan-monumen-pesawat-n250-gatotkoco
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan monumen Pesawat N250 Gatotkoco di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (26/8/2020) (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Johannes Mangihot


JAKARTA, KOMPASTV - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan monumen Pesawat N250 Gatotkoco di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Panglima TNI menjelaskan Pesawat N250 Gatotkoco merupakan bukti kehebatan dan kecintaan anak bangsa kepada negara Indonesia.

Menurut Hadi, sejak penerbangan perdananya pada tanggal 10 Agustus 1995 yang kini ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, kebanggaan itu masih bergaung hingga saat ini. 

Baca Juga: Mengenal Pesawat N250 Gatotkaca yang Dipindahkan ke Museum Dirgantara!

Pesawat N250 karya Presiden RI ke-7 BJ Habibie ini, sambung Hadi, juga sebuah mahakarya yang telah membuat bangga seluruh rakyat Indonesia.

"Penerbangan Gatotkoco di langit Nusantara telah melambungkan nama Indonesia di dunia penerbangan internasional," ujar Hadi dalam sambutannya, Rabu (26/8/2020).

Hadi menambahkan kehadiran N250 Gatotkoco di Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta, bertujuan untuk mengabadikan buah karya terbaik anak bangsa dalam pengembangan teknologi penerbangan. 

Peresmian monumen ini sekaligus sebagai bentuk penghargaan yang tinggi kepada BJ Habibie sebagai Bapak Teknologi Indonesia, yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia melalui karyanya, termasuk N250 Gatotkoco.

Baca Juga: Kenangan Presiden BJ Habibie dan Pesawat N250 yang Pernah Gemparkan Dunia

Hadi berharap dengan kehadiran Gatotkoco di Yogyakarta dapat menjadi pembangkit semangat generasi penerus untuk menunjukkan kecintaan kepada tanah air melalui karyanyata yang bermanfaat. Seperti para pendahulu yang telah menghadirkan N250 Gatotkoco.

"N250 ini sebuah mahakarya yang telah membuat bangga seluruh rakyat Indonesia," ujarnya. 

Lebih lanjut Hadi mengucapkan terima kasih kepada PT Dirgantara Indonesia, yang telah menyerahkan Pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkoco untuk melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, TNI Angkatan Udara, dan Pemda DIY, serta semua pihak yang telah bekerjasama menghadirkan N250 Gatotkoco di museum ini.

Baca Juga: Momen Perjalanan Pesawat N250 Menuju Museum Dirgantara

"Bangsa Indonesia menaruh harapan yang besar kepada PT Dirgantara Indonesia dan seluruh putera terbaik bangsa, untuk melanjutkan perjuangan Pak Habibie meraih kemandirian dalam teknologi Dirgantara dan membangun Indonesia sebagai bangsa yang maju, ujar Hadi. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x