Kompas TV internasional kompas dunia

Membanggakan! 8 Pemuda Indonesia Bantu Turki Temukan Cadangan Gas Terbesar

Kompas.tv - 26 Agustus 2020, 14:46 WIB
membanggakan-8-pemuda-indonesia-bantu-turki-temukan-cadangan-gas-terbesar
Delapan WNI Ikut Temukan Cadangan Energi Terbesar di Turki (Sumber: KJRI Istanbul)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berlayar pada 29 Mei 2020 dari Istanbul, delapan WNI yang bekerja di Kapal Pengebor Minyak Fatih milik Turki, turut terlibat dalam penemuan cadangan energi terbesar dalam sejarah Turki.

Sebesar 320 miliar meter kubik cadangan gas alam ditemukan di sumur Tuna-1 sekitar 100 mil laut di pantai utara Turki di Laut Hitam.

Cadangan gas alam di sumur Tuna-1 diberi nama Ladang Gas Sakarya sesuai nama Provinsi Turki di dekat lokasi penemuan tersebut.

Ladang Gas Sakarya diharapkan dapat beroperasi dan siap digunakan untuk kebutuhan publik pada tahun 2023 bersamaan dengan hari jadi Republik Turki ke-100.

Penemuan itu pun telah diumumkan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 21 Agustus 2020 sebagai salah satu capaian di tengah upaya Turki mengurangi ketergantungan energi dari negara lain.

Pemerintah Turki juga nantinya berharap menjadi salah satu eksportir energi di dunia. Presiden Erdogan memberikan selamat bagi para pejabat dan pekerja yang telah membantu tercapainya penemuan bersejarah ini.

Kapal Pengebor Fatih merupakan kapal pengebor nasional Turki yang juga mempekerjakan tenaga ahli dari berbagai negara sahabat, salah satunya Indonesia.

"Tak banyak yang berpengalaman di bidang wireline drilling, itulah kenapa kami dipekerjakan di sini dan melat h tenaga lokal," kata Beni Kusuma Atmaja, 30 tahun, alumni Teknik Fisika ITB, insinyur dalam wireline drilling, teknik pengeboran ultra-dalam yang efisien dalam ekstraksi dari massa bebatuan dan penemuan migas. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x