Kompas TV regional berita daerah

Wilayah Perbatasan, Kalbar Kerap jadi Pintu Keluar Pekerja Migran Ilegal

Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:10 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dalam kunjungannya ke Kalimantan Barat beberapa waktu lalu, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI menegaskan jika wilayah Kalbar menjadi salah satu perhatian terkait pekerja migran ilegal. Mengingat kalbar merupakan wilayah perbatasan yang kerap menjadi pintu keluar keberangkatan para pekerja migran indonesia atau PMI ilegal ke luar negeri.

“Kalbar jadi pintu keluar-masuk pekerja migran kita,” ucap Benny Rhamdani, Kepala BP2MI.

Baca Juga: 218 Pekerja Migran Indonesia Menunggu Dipulangkan

Menurutnya hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah pemulangan PMI ilegal setiap tahunnya yang bahkan mencapai tiga ribuan, sementara penempatan PMI legal melalui Kalbar hanya berkisar pada angka seratusan orang.

Benny juga menduga banyak oknum serta sindikat yang turut berperan meloloskan para PMI ilegal itu, sehingga pihaknya membentuk tim khusus penanganan pencegahan pengiriman PMI ilegal.

“Kita ingin memberi perhatian serius, karena keberangkatan PMI secara ilegal lebih banyak dilakukan oleh sindikat yang dibekingi oleh oknum yang memiliki kekuasaan,” tambah Benny.

Bahkan Benny mengungkapkan berdasarkan data Bank Dunia, jumlah PMI di luar negeri tercatat setidaknya 9 juta orang. Sementara yang tercatat secara resmi pada data sisko-P2MI hanya berkisar pada angka 3,7 juta.

Diperkirakan setidaknya 5,3 juta PMI di luar negeri masih berstatus ilegal yang tentu sangat rentan terhadap berbagai persoalan.

#PMI #Migran

Editor : KompasTV Pontianak



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:42
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK