Kompas TV regional berita daerah

Hemat Tanpa Beli Kuota, Belajar-Mengajar Gunakan HT

Kompas.tv - 25 Agustus 2020, 12:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sekolah Dasar Negeri Mojo Solo, Jawa Tengah, seperti juga sekolah lainnya yang sepi di masa pandemi. Tidak ada satu orang siswa pun, yang terlihat di sekolahan. Namun yang berbeda di salah satu kelas, terlihat seorang guru tengah berbicara layaknya penyiar radio. Guru ini bukan tengah siaran, melainkan sedang mengajar dengan bantuan HT atau radio komunikasi.

Di kelas ini, ada 29 siswa yang tersebar di sejumlah wilayah, jarak terdekat rumah siswa dengan sekolah 200 meter, sedangkan yang terjauh 4 kilometer. HT ini didapat dari sekolah, serta dari sejumlah donatur. Hal ini dilakukan untuk membantu orang tua yang tidak mampu membeli ponsel pintar, ataupun kuota internet.

Para siswa di rumah dengan gembira mengikuti jalannya belajar mengajar, dengan pesawat HT ini, maka komunikasi bisa terjalin dua arah. Guru bisa langsung menjelaskan, memberi soal, dan membetulkan kesalahan. Sementara itu, siswa bisa langsung bertanya, dan memahami persoalan dalam pelajaran. Memang awalnya sulit, namun akhirnya para siswa terbiasa.

Sementara bagi orang tua, HT menjadi solusi yang murah dan bermanfaat. Pasalnya, tak semua memiliki ponsel pintar, dan kalaupun ada, tak semua bisa membeli kuota internet. Dengan HT ini, kegiatan belajar mengajar pun lebih mudah, karena komunikasi terjalin dua arah.

Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB, ada dua masa istirahat, jadi dibuat semirip mungkin dengan sistem di sekolah. Untuk buku dan lainnya, akan diantar setiap bulan oleh guru ke rumah para siswa.

#HT #BelajarMengajar #Solo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x