Kompas TV regional berita daerah

Pesawat N250 Jadi Koleksi Museum Dirgantara Yogyakarta

Kompas.tv - 24 Agustus 2020, 16:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah menempuh perjalanan darat dari Bandung selama beberapa jam, pesawat N250 Gatotkaca, tiba di Museum Dirgantara, Yogyakarta. Untuk memudahkan pengangkutan, pesawat dibongkar menjadi beberapa bagian dan dimuat dalam 3 truk kontainer.

Dari Bandung, rombongan pembawa pesawat karya BJ Habibie ini melewati Semarang kemudian Boyolali dan tiba di Museum Dirgantara, Yogyakarta, Jumat ( 21/8/2020) pukul 04.52 WIB.

Pesawat Gatotkaca berukuran 27 x 28 meter ini akan menjadi salah satu koleksi Museum Dirgantara dan akan diletakkan di halaman depan Museum. Untuk itu, sejumlah pesawat kecil yang lebih dulu berada di halaman depan museum akan dipindahkan ke tempat lain.

Sebelumnya, truk pengangkut komponen pesawat N250 yang akan dipindahkan ke Museum Pusat Dirgantara Mandala, Yogyakarta, pada kamis malam sempat terkendala saat keluar dari Gerbang Tol Banyumanik Kota Semarang. Diduga karena tinggi badan pesawat, menyebabkan truk mengalami kesulitan saat melintasi gardu tol. Truk berhasil keluar dari gerbang tol, setelah dilewatkan di lajur yang lebih lebar.

Upaya evakuasi truk pengangkut pesawat keluar dari tol berhasil dilakukan setelah 1 jam. Petugas tol, TNI dan Kepolisian, melakukan upaya pemindahan dengan cara melewatkan truk di lajur jalan tol yang lebih lebar. Selama proses evakuasi, petugas melakukan uraian arus lalu lintas di gerbang tol, untuk menghindari terjadinya penumpukan di gardu Gerbang Tol Banyumanik, Semarang.

Arus lalu lintas di Gerbang Tol Banyumanik kembali lancar pada kamis malam sekitar pukul 21.30 WIB setelah truk berhasil melewati Gerbang Tol tersebut. 

#PesawatN250 #GerbangTol #MuseumDirgantara

 

 

 

 

 

 

 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.