Kompas TV regional berita daerah

Deklarasi Desa Sadar Demokrasi

Senin, 24 Agustus 2020 | 15:40 WIB

MINUT, KOMPAS.TV- Desa Kaima Kecamatan Kauditan-Minahasa Utara dideklarasikan sebagai Desa Sadar Demokrasi yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara. Konsep adat Minahasa mewarnai acara deklarasi yang dihadiri langsung salah satu komisioner Bawaslu RI.

Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar bersama rombongan disambut secara adat saat tiba di Kantor Hukum Tua Desa Kaima-Minahasa Utara.

Kedatangan jajaran Bawaslu adalah untuk menghadiri Deklarasi Tawa’ang Wanua Sadar Demokrasi,  sekaligus kampung pengawasan Pilkada serentak 2020.

Menggunakan busana adat Minahasa, seluruh jajaran Bawaslu dan pengawas Kecamatan se-Minahasa Utara mengikuti rangkaian deklarasi yang turut melibatkan Dewan Adat Desa Kaima.

Dalam deklarasi ini dibacakan 6 poin kesepakatan warga Desa Kaima terkait pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, diantaranya sepakat menangkal isu sara dan hoax, menolak politik uang, menaati regulasi Pilkada dan tidak melakukan intimidasi dan rekayasa untuk memilih calon tertentu.

Acara juga ditandai penandatangan deklarasi, kemudian diakhiri penancapan pohon Tawa’ang yang memiliki makna keteguhan memegang komitmen.

NONTON JUGA : https://www.youtube.com/watch?v=2a8ttYiPwro

Bawaslu Minahasa Utara mengaku sengaja menggunakan konsep adat dalam deklarasi desa sadar demokrasi.

Melalui deklarasi ini, Bawaslu juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi yang digelar serentak Desember mendatang.

#kompastvmanado #bawaslu #desasadardemokrasi

Yongke Londa Kompas tv Minahasa Utara

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 

Editor : KompasTV Manado



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:19
PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI, JUSUF KALLA MENGATAKAN PMI SIAP KIRIMKAN SUKARELAWAN   KETUA PMI JUSUF KALLA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA UNTUK GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI    JAKPRO : 40,85 PERSEN AREAL TAMAN ISMAIL MARZUKI DIREVITALISASI   KPU KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR, SELENGGARAKAN SIMULASI PEMILIHAN SAAT PANDEMI COVID-19   MANTAN MENKES SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA, KPK BERHARAP MENJADI EFEK JERA   BAWASLU REJANG LEBONG, BENGKULU, MENGAKU KESULITAN TERTIBKAN KAMPANYE PILKADA MELALUI MEDSOS   HINGGA 31 OKTOBER 2020, KASUS TERKONFIRMASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN MENCAPAI 1.823 ORANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PELABUHAN PATIMBAN SIAP BEROPERASI DI MINGGU KE-3 NOVEMBER   DEPOK PERPANJANG PEMBATASAN JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN HINGGA 14 NOVEMBER 2020   KOGABWILHAN I SEBUT RS KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, MERAWAT 341 PASIEN POSITIF COVID-19   PERANCIS TAWARKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TERORIS TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN AGAMA APA PUN   PRESIDEN JOKOWI: PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS MELUKAI PERASAAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGECAM KERAS PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS YANG MENGHINA AGAMA ISLAM