Kompas TV nasional hukum

Hadi Pranoto Akan Penuhi Pemeriksaan Penyidik Hari Ini

Kompas.tv - 24 Agustus 2020, 13:57 WIB
hadi-pranoto-akan-penuhi-pemeriksaan-penyidik-hari-ini
Tangkapan layar YouTube Anji bersama Hadi Pranoto (Sumber: Youtube/duniaMANJI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hadi Pranoto dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada hari ini di Polda Metro Jaya. Hadi akan diperiksa terkait kasus dugaan kebohongan publik yang dia lakukan di konten Youtube Dunia Manji.

Hadi dikabarkan akan memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini. "Hari ini kita jadwalkan untuk pemanggilan kedua, tadi malam pengacaranya menyampaikan akan siap hadir hari ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, dikutip dari Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Pada hari ini merupakan pemanggilan kedua bagi Hadi. Sebelumnya, yakni pada minggu lalu, Hadi tidak dapat memenuhi panggilan pemeriksaan karena harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Hadi diperiksa berdasarkan laporan Ketua Cyber Indonesia Muannas Alaidid karena dianggap menyebarkan kebohongan publik, terkait klaim telah menemukan penyembuh Covid-19 di akun Youtube milik musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji. Selain Hadi Pranoto, Anji juga ikut serta dilaporkan dengan kasus yang sama.

Anji Telah Jalani Pemeriksaan
Musisi Anji telah selesai menjalani pemeriksaan pada Senin (10/8/2020) lalu. Anji menjalani pemeriksaan selama 10 jam, yakni sejak pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Sebanyak 45 pertanyaan diajukan penyidik kepada Anji.

"45 pertanyaan. Materi pokok perkara, kronologis," ungkap kuasa hukum Anji, Milano Lubis, usai pemeriksaan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Dijelaskan Milano, dalam pembuatan konten bersama Hadi Pranoto, Anji tidak memiliki niat buruk. Apalagi kontra dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah.

Dalam kasus ini, kata Milano, Anji akan menjalaninya. "Anji akan kooperatif, dan akan melaluinya sampe tuntas," tutupnya.

Sementara Anji mengatakan dia tidak menyangka akan berdampak seperti ini konten yang dibuatnya dengan Hadi Pranoto. Karena dia mengaku membuatnya dengan tujuan baik.

"Saya tidak menyangka bahwa impact-nya ternyata seperti ini. Ya sudah saya hadapi saja," kata Anji di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (10/8/2020).

Anji menuturkan ketertarikannya membuat konten soal penyembuh Covid-19 milik Hadi Pranoto karena ada media-media online yang mengangkatnya.

Oleh karena itu selesai acara yang didatangi Anji itu, dia meminta wawancara kepada Hadi Pranoto.

"Saya mendengarkan materinya, bahkan tanggal 29 Juli itu. Materi interview itu sudah ditayangkan oleh media. Saya juga mencari di google. Saya merasa materi wawancara itu bermanfaat untuk dibagikan," jelasnya.

Anji pun mengaku tidak ada transaksi atau keuntungan yang diambilnya terkait pembuatan konten di akun Youtube-nya itu.

"Jadi buat saya, enggak ada keuntungan baik buat pak Hadi Pranoto maupun buat saya. Dan akhirnya saya melakukan wawancara itu. Karena saya melihat kita semua sudah jenuh, lelah dengan pandemi ini. Lalu tiba-tiba ada harapan buat saya ini adalah kebaikan untuk dibagikan," jelasnya.

Meski begitu, dia mengaku mendapatkan banyak pelajaran dalam kasus ini. Lebih lanjut Anji siap bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk membantu menjelaskan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat terkait obat Covid-19.

"Jadi itu bentuk pembalas kesalahan saya bahwa saya bersedia bekerja sama dengan IDI. Jadi ini bukan titipan-titipan, tapi saya memang mendapatkan banyak masukan saja dari berbagai pihak," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.