Kompas TV nasional peristiwa

Kebakaran Kejagung, Mahfud MD Jamin Berkas Perkara Djoko Tjandra dan Jiwasraya Aman

Kompas.tv - 24 Agustus 2020, 07:00 WIB
kebakaran-kejagung-mahfud-md-jamin-berkas-perkara-djoko-tjandra-dan-jiwasraya-aman
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam Nomor 1, Kelurahan Keramat Pela, Kecamatan Kebayoran, Baru Jakarta Selatan terbakar, Sabtu (22/8/2020) malam.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pun memastikan berkas perkara kasus-kasus besar, seperti kasus buron hak tagih Bank Bali Djoko Sugiarto Tjandra dan Jiwasraya aman dari kobaran api di Gedung Kejaksaan Agung.

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan Pemerintah Tidak Menutupi Penyelidikan Kebakaran Kejagung

"Pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya bahwa berkas-berkas perkara yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung di mana yang saat ini sangat menonjol ada dua perkara yaitu kasus Djoko Tjandra yang melibatkan Jaksa Pinanagki dan kasus Jiwasraya itu data-datanya, berkas berkas perkaranya aman. 100 persen aman," ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual Minggu (23/8/2020).

Mahfud meminta masyarakat bersabar menunggu Polri mengungkap hasil penyelidikan ihwal penyebab terjadinya kebaran di gedung utama Kejaksaan Agung.

Ia menambahkan saat ini sudah dibentuk posko bersama antara Bareskrim Polri dengan Kejaksaan Agung untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Untuk menyelidiki sebab-sebab terjadinya kebakaran itu, kita harus menunggu penyelidikan dari Polri. Sekarang sudah dibentuk posko bersama antara Kabareskrim dan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan. Kemudian gedung yang terbakar itu adalah gedung cagar budaya. Sehingga proses renovasinya itu harus ikut aturan yang berlaku untuk benda-benda cagar budaya," lanjut Mahfud. 

Baca Juga: Soal Kelanjutan Berkas dan Perkara Hukum di Gedung Kejagung, Ini Kata Mahfud MD

Sebelumnya, kebakaran di Kejagung diketahui berasal dari lantai enam yang merupakan bagian kepegawaian dan meluas hingga api melalap seluruh gedung.

Petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api baru berhasil menjinakkan si jago merah pada Minggu (23/8/2020) dini hari.

#Kejagung #MahfudMD #DjokoTjandra



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x