Kompas TV nasional berita kompas tv

Pesawat N250 Gatotkaca Dihibah ke Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Kompas.tv - 23 Agustus 2020, 16:30 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat N250 Gatotkaca dimuseumkan. Setelah dikirim melalui jalan darat dari Bandung Jumat lalu (21/8/2020), kini pesawat pertama buatan Indonesia itu telah dirangkai kembali dan dipajang di Anjungan Favorit Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta.

Rencananya, serah terima pesawat akan digelar pada 25 Agustus mendatang. Setelah puluhan tahun tersimpan di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Pesawat N250 Gatotkaca dihibahkan kepada TNI Angkatan Udara.

Pesawat pertama buatan Indonesia ini, akan menjadi objek edukasi dan disimpan di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta. Setelah tiba pada Jumat 21 Agustus 2020, badan pesawat N250 sudah dirangkai kembali pada Sabtu siang (22/8/2020).

Badan pesawat Gatotkaca ini sempat dibongkar saat diangkut dari Bandung, Jawa Barat. Kini, pesawat buatan Presiden BJ Habibie itu telah terpajang di halaman depan Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta.

Kedatangan pesawat N250 ke Yogyakarta juga disambut warga dengan bangga. Pesawat N250 Gatotkaca pertama kali mengudara pada Agustus, tahun 1995. namun krisis ekonomi yang melanda indonesia pada 1998 membuat operasional pesawat ini dihentikan.

Seri N250, merupakan buah dari mimpi menristek di era orde baru, Baharudin Yusuf Habibie, agar indonesia mampu membuat pesawat sendiri.

Tujuannya tak lain, agar indonesia yang secara geografis berupa kepulauan dapat terkoneksi lewat udara.

Baca Juga: Mengenal Pesawat N250 Gatotkaca yang Dipindahkan ke Museum Dirgantara!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x