Kompas TV regional peristiwa

Kenangan Khofifah soal Plt Bupati Sidoarjo: Selalu Hadir Tugas Meski Tengah Malam

Minggu, 23 Agustus 2020 | 11:39 WIB
kenangan-khofifah-soal-plt-bupati-sidoarjo-selalu-hadir-tugas-meski-tengah-malam
Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Kenangan Khofifah soal Plt Bupati Sidoarjo: Selalu Hadir Tugas Meski Tengah Malam. (Sumber: SURYA/M TAUFIK)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia karena virus corona (Covid-19), Sabtu (22/8/2020).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa rupanya cerita sendiri saat mengenang Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin atau yang akrab disapa Cak Nur.

Menurut Khofifah, semasa hidupnya Cak Nur itu adalah sosok pekerja keras. Dia lantas menceritakan dedikasi Cak Nur pada pekerjaannya.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin Meninggal Dunia

Selalu Datang Meski Tengah Malam

Khofifah mengungkapkan, Cak Nur selalu hadir untuk memenuhi tugas, meski saat itu ia tak sedang berada di dekat lokasi.

"Karena misalnya, Pak Bupati bertugas di mana, ada kami Kapolda, Pangdam beliau langsung datang," kata Khofifah kepada Kompas TV.

"Beliau pekerja luar biasa, tengah malam kalau kebetulan Pak Kapolda sidak di kampung tangguh beliau selalu hadir di lokasi, meski tanpa pemberitahuan terlebih dahulu," lanjut dia.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Meninggal Karena Terpapar Covid-19

Menjalankan Tugas Sebelum Meninggal

Gubernur Khofifah menjelaskan, sebelum dinyatakan sakit karena Covid-19 dan meninggal dunia, Cak Nur masih terus menjalankan tugasnya.

Pada hari Senin, lanjut Khofifah, Cak Nur masih menjadi irup. Kemudian hari Selasa, Plt Bupati Sidoarjo itu sempat ke Jakarta untuk bertugas.

"Kemudian beliau sudah foto thorax diketahui ada pneumonia, tapi beliau tetap melanjutkan tugasnya, hari Rabu masih paripurna DPRD," kata Khofifah.

Namun, ketika itu, belum diketahui Cak Nur positif Covid-19. Sebab, lantaran kesibukannya, Plt Bupati Sidoarjo tersebut belum sempat menjalani tes swab.

Baca Juga: Ini Momen Saat Khofifah dan Risma Bertemu di Balai Kota Surabaya

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Kenangan Khofifah soal Plt Bupati Sidoarjo: Selalu Hadir Tugas Meski Tengah Malam. (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL)

Hasil Swab Positif

Pada Sabtu (22/8/2020) pagi, Cak Nur dibawa ke rumah RSUD Sidoarjo dan menjalani tes swab.

Hasilnya Plt Bupati Sidoarjo itu dinyatakan positif Covid-19. Cak Nur sempat menggunakan ventilator dan kondisinya terus menurun.

Sabtu (22/8/2020) petang, Cak Nur dinyatakan meninggal dunia dan dimakamkan di kampung halamannya di Janti, Waru, Sidoarjo.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Sidoarjo Pertanyakan Status Zona Merah

Sekda Gantikan Cak Nur

Menyusul meninggalnya Cak Nur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka mendalam.

"Almarhum tipe pejabat yang tidak pernah banyak bicara, tetapi secara konsisten mampu menyelesaikan seluruh tugasnya dengan baik," ucap Khofifah.

Khofifah pun menunjuk Sekda Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini sebagai pelaksana harian Plh Bupati Sidoarjo.

"Untuk mengisi kekosongan jabatan bupati Sidoarjo, kami tunjuk Sekda Sidoarjo Achmad Zaini sebagai pelaksana harian bupati Sidoarjo," ujar Khofifah dalam rilisnya, Sabtu sore.

Sebagai Plh, Achmad Zaini akan bertugas hingga Menteri Dalam Negeri menunjuk pejabat sementara.

"Soal pejabat sementara, Pemprov Jatim akan mengajukan tiga nama pada Mendagri," ujar dia.

Baca Juga: Risma Klaim Surabaya Sudah Hijau, Khofifah: Yang Mengumumkan Pemerintah Pusat

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Santri Dukung Ganjar Gelar Doa Bersama

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:38 WIB
Berita Daerah

Keluarga Serahkan ke Hakim Hukuman Eliezer

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:32 WIB
Close Ads x