Kompas TV nasional peristiwa

Undip Bantah Kabar Uang Pangkal Rp 87 Miliar, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 23 Agustus 2020, 10:44 WIB
undip-bantah-kabar-uang-pangkal-rp-87-miliar-ini-penjelasannya
Ilustrasi: uang rupiah. Undip Bantah Kabar Uang Pangkal Rp 87 Miliar, Ini Penjelasannya. (Sumber: Kompas.com/Thinkstockphotos.com)
Penulis : Fadhilah

SEMARANG, KOMPAS.TV - Beredar kabar bahwa uang pangkal untuk kuliah di Universitas Diponegoro (Undip) dipatok sebesar Rp 87 miliar. Informasi tersebut mencuat setelah diunggah seseorang media sosial Twitter.

Pemilik akun tersebut mengaku sebagai calon mahasiswa yang lolos seleksi ujian mandiri (UM).

Unggahan tersebut menyebabkan informasi menjadi simpang siur dan tersebar luas hingga sempat menjadi trending topic di Twitter.

Baca Juga: Keren! Wisuda Daring, Undip Gunakan Robot Wisudawan

Merespons itu, pelaksana tugas Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo menegaskan bahwa informasi itu tidak benar.

Dwi menyebut, informasi terkait dengan lulusan jalur UM S1 harus membayar uang pangkal Rp 87 miliar itu adalah hoaks.

"Kami tegaskan bahwa berita tersebut hoaks, tidak benar. Informasi itu tidak benar," kata Dwi dalam keterangan yang diterima, Sabtu (22/8/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Dwi menjelaskan, Undip tidak mengenal istilah uang pangkal. Terdapat tiga jalur seleksi UM S1 di Undip, yakni jalur reguler, jalur kemitraan, dan jalur bagi golongan tidak mampu atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Menurut Dwi, biaya pendidikan dan sumbangan pengembangan institusi (SPI) di Undip tetap berpedoman pada ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020.

"Format kartu bukti kelulusan yang ada di Twitter tidak sesuai dengan format resmi yang dikeluarkan oleh Undip, sehingga berita perihal uang pangkal Rp 87 miliar untuk jalur kemitraan, kami tegaskan tidak benar," kata Dwi.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Berikan Bantuan Uang Pangkal untuk Siswa yang Tidak Lolos PPDB

Kepala Sub Bagian UPT Humas dan Media Undip Utami Setyowati menambahkan, pihak Undip merasa telah dirugikan dengan adanya informasi tidak benar tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan menempuh proses hukum setelah mengumpulkan bukti-bukti terkait postingan pemilik akun Twitter tersebut.

"Intinya kami meluruskan informasi yang tidak benar," kata Utami.

Adapun info resmi untuk program studi dan biaya pendidikan di UNDIP dapat diketahui dengan mengakses situs web um. undip.ac.id.

Baca Juga: UTBK UNDIP Terapkan Protokol Kesehatan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.