Kompas TV kuliner cerita rasa

Chou Tofu, Si Tahu Busuk Yang Menggoda

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 20:50 WIB
chou-tofu-si-tahu-busuk-yang-menggoda
Chou Tofu atau tahu busuk, adalah makanan street food, Taiwan, yang memiliki bau cukup menyengat (Sumber: Hari Jisun)
Penulis : Agung Pribadi

Kompas TV - Chou Tofu atau tahu busuk adalah sebuah makanan yang cukup populer bagi penduduk lokal di Taiwan. Karenanya ia cukup disukai oleh pemburu makanan pinggir jalan.

Ada juga yang menyebutnya sebagai stinky tofu atau tahu bau. Gak usah ditanya ya baunya seperti apa, tapi konon makin menyengat bau yang dikeluarkan makanan ini, semakin nikmat pula rasanya. Wow, penasaran ya?

Chou Tofu memiliki tekstur mirip tahu goreng yang sedikit garing di bagian luar dan lembut di bagian dalam tahu. Warnanya cokelat, sedikit lebih gelap dari tahu goreng. Bagi sebagian orang chou tofu, dikatakan rasanya mirip Blue Cheese yang gurih dan lembut.

Penyajian tahu bau ini bisa juga dimakan langsung, dikukus, direbus, atau digoreng. Tak lupa ditambahkan saus hoisin atau dicocol saus sambal, buat yang menyukai rasa pedas.

Yang menarik adalah proses pembuatan Chou Tofu itu sendiri. Karena tahu ini harus di fermentasikan dengan air garam dan beberapa bahan terlebih dahulu, kemudian direndam dalam guci selama enam bulan, lalu dibilas dan didinginkan seharian dalam lemari es sebelum akhirnya dijual. Cukup makan waktu bukan?

Nah buat kalian yang mau mencobanya, Chao Tofu juga dapat disajikan dengan campuran cuka, minyak wijen, acar kubis, atau bawang putih.

Kalau kalian masih bingung dimana mencari makanan ini, mungkin kita bisa andalkan indera penciuman kita sendiri ya guys..



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.