Kompas TV regional berita daerah

Desa Kusamba, Klungkung, Jadi Tempat Penyaluran Bansos Tunai Gelombang II Yang Perdana Di Bali

Kompas.tv - 21 Agustus 2020, 16:53 WIB
desa-kusamba-klungkung-jadi-tempat-penyaluran-bansos-tunai-gelombang-ii-yang-perdana-di-bali
Kemensos salurkan BST gelombang II di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali (Sumber: Renjanapictures)
Penulis : Herwanto

 

KLUNGKUNG, KOMPAS.TV-

Pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) melalui Kementerian Sosial (Kemensos), yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.
Kemensos mengemban tugas sesuai amanat Presiden Republik Indonesia tentang kebijakan untuk memberikan jaring pengaman sosial dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), untuk menyalurkan Bantuan Sosial Tunai. Kebijakan ini bertujuan untuk melakukan penyelamatan karena penurunan daya beli masyarakat Indonesia dan untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
Bantuan Sosial Tunai dilaksanakan diseluruh Indonesia kecuali Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi

Penyaluran BST di Kantor Pos Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung (Sumber: Renjanapictures)

Kali ini, BST dibagikan di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali, Jumat, 21 Agustus 2020.

"Kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, sehingga kita semua dapat bertemu pada acara Penyaluran BST, di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia," ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

Turut hadir pada penyaluran BST tersebut Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama, Direktur PFM Wilayah II Wayan  Wiriawan , Bupati Klungkung dan Wakilnya I Nyoman suwirta dan I Made Karta, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Dandim, Wakapolres, Kabid Pemberdayaan dan Fakir Miskin Dinsos Provinsi Bali, serta Plt Kadissos Kabupaten Klungkung, Perwakilan PT Pos Indonesia.

Mensos Juliari menjelaskan, terdapat 1.308 KPM penerima BST senilai Rp392 juta per bulan, khusus untuk Kecamatan Dawan. Jumlah KPM tersebut tersebar di 12 desa/kelurahan, di mana Desa Kusama tercatat 158 KPM yang menerima BST senilai Rp47,4 juta per bulan.

Mensos berbincang dengan penerima BST di Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali (Sumber: Renjanapictures)

Secara keseluruhan jumlah penerima BST di Provinsi Bali sejumlah 99.653 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia, dan 8.960 KPM dengan penyalur Himbara yang tersebar di 9 kabupaten/kota.

"Untuk Kabupaten Klungkung, jumlah penerima BST sejumlah 7.718 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia. Kemudian, 458 KPM dengan penyalur Himbara. Total BST Kabupaten Klungkung senilai Rp2,4 miliar per bulan," ujar Mensos Juliari.

Selain BST, penerima bantuan program sembako di Provinsi Bali sejumlah 179.769 KPM, yang tersebar di 9 kabupaten/kota. Jumlah penerima program sembako Kabupaten Klungkung sejumlah 10.235 KPM dengan nilai Rp2 miliar per bulan.  Khusus Kecamatan Dawan terdapat 1.532 KPM dengan nilai bantuan Rp306,4 juta per bulan.

"Dengan bansos ini, diharapkan akan mendukung dan menggerakkan ekonomi lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi setempat. Oleh karena itu diharapkan dapat mengatasi permasalahan permasalahan akibat pandemi Covid-19," tambah Juliari.

Sejauh ini, PT Pos Indonesia telah menyalurkan kepada 8,3 juta KPM di seluruh Indonesia pada 33 Provinsi. Selebihnya disalurkan melalui Himbara sejumlah 700 ribu KPM.

Pendokumentasian penerima BST olah Pos Indonesia (Sumber: Renjanapictures)

Demikian juga dengan program sembako. Juliari menjelaskan bahwa program sembako sudah dimulai dari tahun 2018 dengan nama Program BPNT, di mana bantuan yang dimasukkan dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebesar Rp110 ribu bertambah menjadi Rp150 ribu pada Januari dan Februari 2020, yang berganti nama menjadi program sembako.

"Dalam rangka penanganan Covid-19, (dinaikkan) menjadi Rp200 ribu per bulan," kata Juliari.

Dalam KKS yang dipegang KPM saat ini akan terisi RP200 ribu tiap bulannya, yang bisa dibelanjakan ke e-warong.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.