Kompas TV regional berita daerah

Ritual Tolak Balak Nyiwer Pagebluk

Kompas.tv - 21 Agustus 2020, 06:34 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Nyiwer Pageblug, Nyiwer merupakan bahasa warga Desa setempat, yang kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia bermakna menghindar. Sementara Pageblug adalah segala mara bahaya termasuk wabah penyakit yang menular. Kegiatan ini dilaksanakan warga Desa Kertasinduyasa di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah .

Acara diawali dengan pawai obor yang diikuti oleh ribuan warga dari anak-anak hingga orangtua. Pawai obor mengelilingi jalanan kampung dengan mengarak sebuah gunungan yang berisi macam-macam hasil bumi, seperti buah buahan dan dan sayur mayur.

Sepanjang perjalanan peserta pawai terus menerus melantunkan sholawat yang diiringi dengan musik rebana. Pada setiap titik perempatan jalan kampung, peserta pawai berhenti sejenak untuk membacakan doa-doa , doa dipimpin oleh Ustadz Desa setempat.


Usai diarak keliling kampung dan dibacakan doa-doa, gunungan yang berisi hasil bumi kemudian diperebutkan warga. Warga meyakini dengan mendapatkan buah maupun sayur mayur dari gunungan tersebut akan mendapatkan berkah. Warga pun rela berdesakan bahkan saling dorong dengan warga lainnya agar bisa mendapatkannya.


Diharapkan ritual sepeti ini mampu menolak balak segala mara bahaya termasuk pandemi COVID-19 yang tengah mewabah. Tidak hanya bagi warga Desa setempat, namun juga di seluruh wilayah Indonesia .
 

#Pagebluk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.