Kompas TV nasional sapa indonesia

Kelanjutan Soal Pengembangan Obat Covid-19

Kompas.tv - 20 Agustus 2020, 11:16 WIB
Penulis : Dea Davina

KOMPAS.TV - Klaim temuan obat covid 19 oleh Universitas Airlangga, BIN dan TNI AD menuai banyak pertanyaan terkait keamanan kandungan obat dan metode pengujian secara klinis.

Baca Juga: Polemik Temuan Obat Covid-19, BPOM Nilai Riset Belum Valid

Untuk memastikan uji klinis obat covid-19 ini, tim gabungan Universitas Airlangga, Badan Intelijen Negara dan TNI Angakatan Darat, menyerahkan dokumen hasil riset obat covid 19 dan berkas hasil uji klinik fase ketiga, kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan POM, Rabu siang.

Hasilnya, Badan POM menilai temuan kombinasi obat oleh Universitas Airlangga, TNI Angkatan Darat dan BIN, belum valid dan representatif.

Hal ini berdasarkan pengawasan uji klinis obat kombinasi baru untuk covid-19 lewat inspeksi Badan POM pada 28 Juli lalu. 

Sebelumnya, TNI AD, Badan Intelijen Negara atau BIN dan Universitas Airlangga, menyatakan menemukan obat anti-covid19 yang telah lolos uji klinis tahap III.

Menurut Deputi VII Badan Intelijen Negara, Wawan Hari Purwanto, selain menyembuhkan 85% pasien covid-19 di Secapa TNI AD, obat itu juga digunakan di Klinik BIN dan terbukti menyembuhkan, pasien corona.

Badan POM akan kembali melihat hasil uji klinis obat temuan Unair, setelah catatan evaluasi dari BPOM dilakukan, sebelum ketok palu apakah obat covid-19 ini nantinya bisa mendapatkan izin edar.

Yang jelas, diperlukan keamanan kandungan obat dan metode pengujian secara klinis yang benar, agar obat tak beresiko bagi para pasien.

Bagaimana kelanjutan dari pengembangan obat covid-19 ini, agar nantinya bisa berhasil dan mendapatkan izin edar dari Badan POM?

Untuk membahasnya, sudah bergabung secara daring, ada Deputi VII Badan Intelijen Negara, Wawan Purwanto, serta Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono, dan melalui sambungan telepon, Rianto Setiabudi, Anggota Komisi Nasional Penilai Obat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.