Kompas TV regional peristiwa

Gunung Sinabung Masuk Level Siaga, Semburan Abu Vulkanik Capai 4.000 Meter

Kompas.tv - 19 Agustus 2020, 23:06 WIB
gunung-sinabung-masuk-level-siaga-semburan-abu-vulkanik-capai-4-000-meter
Letusan Gunung Sinabung. (Sumber: Dok PVMBG)
Penulis : Johannes Mangihot

KARO, KOMPASTV - Pos Pengamatan merekam semburan abu vulkanik setinggi 4.000 meter dari aktivitas erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dalam keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM menjelaskan kolom Abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. 

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 100 mm dan durasi lebih kurang 11 menit 48 detik pada pukul 18:18 WIB, Rabu (19/8/2020). 

Baca Juga: Kota Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik Erupsi Gunung Api Sinabung

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Armen Putra menjelaskan erupsi masih berlangsung dan saat ini Gunung Sinabung berada pada level siaga. 

Pihaknya meminta agar masyarakat, pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Kemudian tidak beraktivitas dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Baca Juga: Erupsi Lagi, Gunung Sinabung Lontarkan Abu Vulkanik Hingga 4.000 Meter

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," ujar Armen.

Sebelumnya erupsi Gunung Sinabung juga terjadi pada pukul 00.54 dini hari, dengan ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter di atas puncak gunung.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.