Kompas TV regional peristiwa

Gunung Sinabung Masuk Level Siaga, Semburan Abu Vulkanik Capai 4.000 Meter

Rabu, 19 Agustus 2020 | 23:06 WIB
gunung-sinabung-masuk-level-siaga-semburan-abu-vulkanik-capai-4-000-meter
Letusan Gunung Sinabung. (Sumber: Dok PVMBG)

KARO, KOMPASTV - Pos Pengamatan merekam semburan abu vulkanik setinggi 4.000 meter dari aktivitas erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dalam keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM menjelaskan kolom Abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. 

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 100 mm dan durasi lebih kurang 11 menit 48 detik pada pukul 18:18 WIB, Rabu (19/8/2020). 

Baca Juga: Kota Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik Erupsi Gunung Api Sinabung

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Armen Putra menjelaskan erupsi masih berlangsung dan saat ini Gunung Sinabung berada pada level siaga. 

Pihaknya meminta agar masyarakat, pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Kemudian tidak beraktivitas dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:38
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   DIRLANTAS POLDA LAMPUNG MENGATAKAN DARI 17 AREA ISTIRAHAT DI TOL TRANS-LAMPUNG HANYA 9 YANG BEROPERASI   ANTREAN PADAT, PT KAI DAOP 1 JAKARTA IMBAU CALON PENUMPANG KERETA TIDAK TES CEPAT COVID-19 DI STASIUN KEBERANGKATAN   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   KPU KABUPATEN SEMARANG SEBUT DEBAT TERBUKA PASLON CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DILAKSANAKAN PADA 10 NOVEMBER 2020   KEMENKES PERIKSA 33.797 SPESIMEN KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TAMBAH 94, PASEIN KORONA MENINGGAL MENCAPAI 13.299   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DARI VIRUS KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT ADA 3.732 KASUS BARU KORONA PADA 25 OKTOBER 2020