Kompas TV regional berita daerah

Warga Besipae Polisikan Kasat Pol PP NTT Terkait Perusakan Rumah

Kompas.tv - 19 Agustus 2020, 19:07 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Sejumlah perwakilan  warga adat Pubabu - Besipae, Desa Linamnutu, Kecamatan  Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan  didampingi kuasa hukum mereka mendatangi Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Nusa Tenggara Timur, Rabu siang tadi.

Kehadiran warga yang didampingi kuasa hukum itu untuk melaporkan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja NTT, Cornelis Wadu, atas tuduhan pengrusakan rumah warga di tanah adat Besipae, Kecamatan Amanuban Selatan yang sebelumnya ditolak warga saat pengusuran rumah beberapa waktu lalu.

Perwakilan warga Besipae, Martedah Esterlina Selan mengakui, laporan itu menyusul adanya tindakan intimidasi maupun perusakan rumah oleh aparat, terhadap 29 kepala keluarga di Besipae saat aparat memaksa mereka meninggalkan tanah adat tersebut.

Warga Besipae mengaku, akan tetap bertahan di lokasi tanah adat mereka yang akan dikuasi pemerintah NTT  atas dasar sertifikat hak guna usaha.

Sebelumnya, 29 kepala keluarga yang tinggal di atas tanah sekitar 3000 lebih hektar di Pubabu - Besipae menolak hak klaim oleh Pemerintah NTT yang telah mengantongi sertifikat hak guna usaha.

#tanahadat #perusakanrumah #kasatdipolisikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.