Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Lantik 9 Anggota Kompolnas 2020-2024

Kompas.tv - 19 Agustus 2020, 11:24 WIB
presiden-jokowi-lantik-9-anggota-kompolnas-2020-2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Facebook Jokowi)
Penulis : Ninuk Bunski

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi Widodo melantik susunan keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2020-2024 di Istana Negara, Rabu (19/8/2020). Sembilan nama yang dilantik merupakan nama terpilih dari 12 nama yang diajukan Menko Polhukam Mahfud MD kepada Presiden Jokowi.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 54/M/2020, Presiden Jokowi menunjuk Mahfud MD sebagai Ketua Kompolnas. Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Wakil Ketua Kompolnas.

Baca Juga: Kompolnas: Surat Jalan Djoko Tjandra Palsu, Bohongnya Sudah Keterlaluan

Dalam pelantikan yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, ada 7 nama lagi yang mengisi susunan keanggotaan Kompolnas.

Tujuh nama lainnya yang memperkuat Kompolnas di antaranya adalah Menkumham Yasonna Laoly, Benny Mamoto, Pudji Hartanto Iskandar, Albertus Wahyurudhanto, Yosep Adi Prasetyo Yusuf, Muhammad Dawam, dan Poengky Indarti. Sembilan nama yang dilantik pagi ini oleh Presiden Jokowi berasal dari unsur pemerintah, pakar kepolisian, dan tokoh masyarakat.

Dalam pelantikan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, Presiden Jokowi memandu membacakan sumpah jabatan. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan Presiden Jokowi kemudian memberikan ucapan selamat kepada anggota Kompolnas yang dilantik.

Baca Juga: Mahfud MD Serahkan 12 Calon Komisioner Kompolnas ke Presiden Jokowi, Berikut Nama-namanya

Sebagai informasi, sebelum pelantikan sembilan anggota Kompolnas hari ini, Menko Polhukam Mahfud MD menyerahkan 12 nama calon anggota Kompolnas ke Presiden Jokowi. Dari 12 nama yang diserahkan, 6 calon terdiri dari unsur kepolisian dan 6 calon lainnya dari tokoh masyarakat. Keduabelas calon tersebut sudah melalui lima jenis seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga wawancara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x