Kompas TV regional berita daerah

Sersan dua TNI Mengajar Anak-anak di Masa Pandemi

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 22:59 WIB
Penulis : KompasTV Palu

BANGGAI, KOMPAS.TV - Sersan dua Nekat anggota TNI Angkatan Darat yang berdinas sebagai Bintara Pembina Desa di Komando Rayon Militer – 03 Batui  Banggai  Sulawesi Tengah, berinisiatif mengajar sejumlah anak-anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar, selama pandemi covid-19 Mewabah dan dibantu istrinya,  ia mengajari anak-anak itu pelajaran sekolah umum,  dan pelajaran agama Islam.

Petang menjelang, dua orang anak bersepeda bergegas ke rumah seorang anggota TNI Angkatan Darat, namanya Sersan Dua TNI Nekat, pemilik nama unik itu berdinas sebagai Bintara Pembina Desa Komando Rayon Militer – 03 Batui. Koramil ini berada di bawah jajaran Komando Distrik Militer 1308 Luwuk Banggai. Anak-anak itu,  bukan hendak datang bermain di rumah Serda Nekat mereka datang belajar.
Selama pandemi covid-19 anak-anak usia sekolah dasar ini belajar secara online atau belajar dalam jaringan. Kerap mereka tak sepenuhnya paham pada mata pelajaran tertentu. Hal itulah yang membuat Serda Nekat berinisiatif mengajar anak-anak ini secara langsung  tentu dengan protokol kesehatan, anak-anak diharuskan memakai masker selama pembelajaran berlangsung.
 
Kerap ada pula anak taman kanak-kanak yang datang dibantu istrinya,  Serda Nekat mengajar menulis dan membaca serta perhitungan sederhana. Bahkan diajarkan pula membaca Alquran serta hafalan surat-surat pendek, ada 13 orang anak di lingkungan Desa Jaya Kencana Kecamatan Toili  Kabupaten Banggai  Sulawesi Tengah yang aktif belajar. Jam belajarnya dimulai pukul 16.30 wita hingga pukul 18.30 wita.
 
Menurut Serda Nekat ia melakukan ini diawali dengan keprihatinan bahwa anaknya sendiri,  jenuh belajar secara daring, anaknya pun ingin bisa berinteraksi dengan kawan sebayanya seperti di masa normal.

Bagi orang tua anak-anak ini,  tentu saja upaya serda nekat sangat membantu Marfin Albiano, murid kelas enam sekolah dasar setempat adalah salah seorang anak yang ikut belajar di rumah Serda Nekat itu ia berterima kasih pada upaya Babinsa batui ini.
Upaya Anggota TNI Angkatan Darat ini  tentu saja harus diapresiasi,  di tengah pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring  kerap menimbulkan kejenuhan olehnya. Upaya Serda Nekat bisa dicontohi,  tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.
 
#TNI #TNIMengajar #Babinsa
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x