Kompas TV regional berita daerah

Gedung Juang Saksi Bisu Kemerdekaan di Sulawesi Tengah

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 22:42 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS. TV - Gedung Juang tidak jarang luput dari pandangan orang yang melintas, bangunan bersejarah ini telah melewati banyak kisah, membuatnya tidak perkasa lagi seperti di jaman penjajahan Kolonial Belanda.


Keistimewaan Gedung Juang ini terletak pada arsitektur bangunan yang khas, pintu dan jendela yang besar serta tata ruang yang bergaya khas Belanda membuat gedung ini terlihat unik dan istimewa, beberapa foto para Pahlawan dan Presiden Republik Indonesia sebelumnya  terpampang di dalam ruangan ini.


Gedung juang ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah indonesia di tanah Kaili, Sulawesi Tengah. Ditempat inilah para Kolonial Belanda berkantor, menjajah, merundingkan, memutuskan, dan menyerahkan kembali kemerdekaan kepada rakyat di Sulawesi Tengah.


Bangunan yang terletak di jalan Cempaka Kelurahan Lolu Utara Kota Palu ini, dibangun pertama kalinya pada bulan november 1905, digunakan sebagai kantor pengawas sub.wilayah oleh pemerintah kolonial belanda. Momen bersejarah dari gedung ini ketika dilakukan serah terima kedaulatan dari Belanda kepada rakyat pada 16 mei 1950.

Namun sayang gedung bersejarah ini tampak kurang terawat dengan beberapa bagian bangunan yang rusak dan tidak terpelihara. Bangunan bersejarah ini masih sepi pengunjung dan hanya digunakan tempat berkantornya beberapa organisasi veteran yang ada di Sulawesi Tengah.

#BangunanBersejarah #GedungJuang #HUTRI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.