Kompas TV nasional sapa indonesia

Detik-Detik Proklamasi, Warga Lakukan Sikap Sempurna

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 14:30 WIB
Penulis : Merlion Gusti

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, para pengguna jalan di sejumlah daerah tepat pada pukul 10 lewat 17 menit, berhenti sejenak.

Mereka dengan khidmat berdiri di samping kendaraan, selama 3 menit.

Tepat pukul 10 lewat 17 waktu indonesia barat saat sirine polisi dibunyikan, semua pengendara roda dua dan roda empat turun dan berhenti sejenak dari kendaraannya dengan sikap hormat selama tiga menit untuk memberikan penghormatan kepada jasa para pahlawan saat pembacaan detik-detik proklamasi.

Tidak hanya para pengendara, beberapa warga yang ada di dalam rumah dan pusat pertokoan juga keluar ikut dalam momen bersejarah ini.

Penghormatan detik-detik proklamasi ini, juga dilakukan secara serentak di seluruh penjuru wilayah banyuwangi hingga ke pelosok-pelosok desa.

Sama halnya seperti di Banyuwangi, para pengguna jalan baik sepeda motor maupun mobil yang melintas di tugu 0 kilomater kajen kabupaten Pekalongan dihentikan polisi dan TNI. 

Sirine mobil patroli dari satlantas polres pekalongan dibunyikan tepat pukul 10 lewat 17 menit.

Semua pengendara berdiri disamping kendaraan dan mengheningkan cipta selama tiga menit.

Selain digelar di tugu 0 kilometer kajen, mengheningkan cipta memperingati detik-detik proklamasi juga dilakukan di alun-alun kabupaten Pekalongan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.