Kompas TV entertainment selebriti

Oscar Lawalata Blak-blakan soal Transgender, Ini Panggilan yang Ia Harapkan

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 11:29 WIB
oscar-lawalata-blak-blakan-soal-transgender-ini-panggilan-yang-ia-harapkan
Oscar Lawalata (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oscar Lawalata akhirnya buka suara terkait pengakuan dirinya yang menyatakan menjadi seorang wanita. Oscar Lawalata belakangan ini ramai menjadi perbincangan publik. Hal itu karena ibunda Oscar, Reggy Lawalata mengungkap bahwa anaknya tersebut adalah seorang wanita.

Dalam kanal Youtube The Lawalatas bertajuk 'Merdeka Diri' yang diunggah pada Minggu (16/08/2020). Oscar Lawalata blak-blakan soal identitasnya.

Tanpa basa-basi, ia menyebut bahwa dirinya memang seorang transgender.

"Saya transgender," jelas sang desainer. 

Ia mengaku telah mengetahui bahwa dirinya adalah seorang transgender sejak kecil. Tak hanya itu, Oscar Lawalata juga mengaku bahwa dirinya telah lima tahun mempelajari mengenai jati dirinya. Hingga akhirnya ia yakin dengan identitasnya.

"Saya tahu dari kecil saya adalah transgender. Setelah mempelajari kurang lebih 5 tahun mengenai siapa saya. Dari situ saya tahu, saya adalah transgender," imbuhnya.

"Mamah waktu itu bilang 'aduh kalau kamu itu jadi perempuan tuh mamah takut deh, nanti kamu pake baju apa gitu gitu' ketakutan adek aku juga sama 'nanti lu keluar pake baju apa gitu'," beber Oscar.

Tak mau membuat keluarganya khawatir, Oscar lantas mengatakan bahwa orang lain telah melihatnya sebagai seorang perempuan.

Ia bahkan sering dipanggil dengan sapaan untuk perempuan seperti mbak hingga bu.

"Terus aku bilang Mah, Iyo kalian sadar nggak selama ini tuh orang-orang udah liat aku sebagai perempuan. Dengan baju aku seperti ini saya dipanggil mbak, saya dipanggil bu, and I am oke gitu," jelasnya.

Kendati demikian, Oscar juga tak masalah bila dipanggil mas lantaran ia sadar tak bisa membatasi pikiran orang. Selama tak menghina, ia mengaku tak masalah dipanggil dengan sebutan apapun.

"Kalau dipanggil mas saya juga nggak masalah. Buat saya, kita tidak membatasi pemikiran orang. Selama dia tidak menghina, kalau dia melihat saya perempuan nggak papa, kalau dia mau lihat aku laki-laki ya nggak papa juga," kata Oscar Lawalata.

Namun, bila disuruh memilih, Oscar Lawalata mengaku senang bila dipanggil dengan nama atau kak.

"Saya kalo ditanya, prefer panggil saya apa, panggil nama aja. Atau panggil saya kak," tandasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x