Kompas TV regional kriminal

Uang Rp 1,3 Miliar Raib Diperas Polisi Gadungan, Berawal Kenalan di Facebook

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 09:24 WIB
uang-rp-1-3-miliar-raib-diperas-polisi-gadungan-berawal-kenalan-di-facebook
Empat pelaku pemerasan wanita berhasil dibekuk tim gabungan Polres Tanah Bumbu dan Polres Metro Lampung. Uang Rp 1,3 Miliar Raib Diperas Polisi Gadungan, Berawal Kenalan di Facebook. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadhilah

BATULICIN, KOMPAS.TV - Seorang perempuan warga Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi korban penipuan polisi gadungan.

Kasat Reskrim Polres Tanah Bumbu AKP Andi Muhammad Iqbal mengungkapkan, kasus berawal saat pelaku SU berkenalan dengan korban melalui media sosial Facebook.

Karena mengaku sebagai anggota polisi, korban kemudian tertarik dan akhirnya akrab dan sering berhubungan dengan pelaku.

Baca Juga: Dugaan Pemerasan 63 Kepala Sekolah di Riau, 3 Jaksa jadi Tersangka

Selain di media sosial, antara pelaku dan korban juga bertukar nomor telepon. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh pelaku untuk meminjam uang kepada korban.

Awalnya, pelaku meminjam uang sebesar Rp 1 juta dengan alasan untuk memperbaiki mobil miliknya yang rusak.

"Pelaku meminjam uang dengan alasan untuk memperbaiki mobil pelaku sebesar Rp 1.000.000 dan korban pun mengirimkan ke pelaku," ujar AKP Andi Muhammad Iqbal saat dikonfirmasi, Senin (17/8/2020) malam.

Setelah berhasil meminjam uang korban, pelaku kemudian mulai melancarkan aksinya memeras korban.

Agar korban mau memberikan uang, pelaku mengancam akan melakukan kekerasan. Karena ketakutan, korban pun selalu menuruti mentransfer uang kepada pelaku.

"Setelah itu korban beberapa kali dimintai sejumlah uang oleh pelaku dengan nomor yang berbeda secara terus menerus dan melakukan pemerasan serta pengancaman terhadap korban," bebernya.

Tidak tahan terus diperas, korban akhirnya memberanikan diri melapor ke Polres Tanah Bumbu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x