Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Od Resmikan Pembangunan Taman Wisata Waruga

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 00:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA UTARA, KOMPAS.TV - Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan kawasan wisata budaya waruga di bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara. Pembangunan kawasan wisata itu dilakukan untuk melestarikan budaya daerah khususnya Minahasa.

 

 Guna menjaga kelestarian budaya khususnya waruga yang berada di Desa Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara,  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akhirnya membangun kawasan wisata budaya waruga.

 

 Waruga merupakan kuburan leluhur orang minahasa.  Ketika pembangunan bendungan kuwil dimulai, waruga kuwil terkena dampak, sehingga diambil kebijakan di tempatkan di lokasi lahan dekat bendungan. Waruga di lokasi ini  berjumlah 87 makam dan luasnya 3,1 hektare.

 

Pembangunannya sudah mulai dilakukan, ditandai dengan peletakan batu pertama penataan pembangunan. setelah itu, dilakukan penandatanganan prasasti/ dan penanaman pohon di sekitar area yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Kamis pagi di lokasi pembangunan.

 

Olly Dondokambey mengatakan pembangunan bendungan kuwil dibangun tidak lupa dengan memperhatikan sisi budaya, dimana pembangunan taman budaya waruga ini masih satu lokasi bersama pembangunan bendungan kuwil-kawangkoan.

 

Gubernur Sulut juga berharap taman wisata budaya waruga ini nantinya menjadi destinasi wisata masyarakat serta daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara.

#kompastvmanado #gubernur #tamanwisata #waruga

 

ALDY PASCOAL / KOMPAS TV MINAHASA UTARA SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x