Kompas TV regional berita daerah

Wabah Chikungunya

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Sekitar empat puluh Warga Kampung Cilumping, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat, terserang wabah penyakit Chikungunya. Penyakit yang dialami warga ini berasal dari gigitan Nyamuk Aedes Albopictus yang menyebabkan penderita mengalami gejala demam tinggi, mual, lemas, dan nyeri diseluruh bagian persendian hingga tidak dapat beraktivitas, atau mengalami kelumpuhan sesaat.

Kejadian ini sudah berlangsung sejak dua minggu yang lalu. lantaran timbul rasa ke khawatiran warga dengan kondisi Covid-19 saat ini, sehingga tidak ada yang di bawa ke Rumah Sakit, dan semuanya dirawat dirumah masing-masing dalam pengawasan Bidan Desa.

Warga penderita kini sudah mulai berangsur-angsur membaik setelah mendapatkan penangan dari pihak Bidan Desa setempat. Namun sepuluh warga lainnya masih dalam proses pemulihan dan masih berada dalam pengawasan pihak bidan desa.

Kejadian ini merupakan kejadian yang pertama kalinya, untuk mengantisipasi kembalinya penderita Chikungunya, pihak desa dan warga, sudah mulai membersihkan dan memperdalam saluran air pembuangan, serta akan dilakukannya Fooging, atau pengasapan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x