Kompas TV regional berita daerah

Masker Batik Dengan Motif Kemerdekaan

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seorang pengusaha batik tulis di Kota Probolinggo Jawa Timur membuat masker dengan motif batik kemerdekaan. Hasil kreasinya pun mendapat respon positif dari masyarakat dan dalam sekejap banjir pesanan.

Unit usaha kecil dan menengah batik tulis Baremi, yang berada di Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo memproduksi masker bertema kemerdekaan.

Tak ada yang berbeda dalam pembuatan masker batik berbahan dasar kain ini, yang membedakan hanya corak, warna dan gambar dari masker, yang diproduksi.

Pertama perajin membuat desain ke media kain dengan malam, selanjutnya canting untuk mendasari garis gambar dengan menggunakan cairan lilin batik. Lalu pewarnaan yang sesuai dengan desain.

Ada sekitar 7 orang, yang terlibat dalam pembuatan masker batik kemerdekaan. Mereka merupakan warga setempat.

Selain berwarna merah putih, masker batik kemerdekaan juga dilengkapi dengan gambar pernak-pernik serta simbol pandemi.

Banyak warga yang tertarik untuk mengenakannya saat momentum kemerdekaan, selain bagus, harganya relatif murah.

Perajin masker batik, Ivan Gianto mengaku batik motif kemerdekaan ditekuni sejak sebulan lalu, karena penjualan masker batik motif biasa sudah menurun drastis. Dengan inovasi masker batik kemerdekaan, diharapkan penjualan masker meningkat kembali.

Masker batik kemerdekaan dijual 25 ribu rupiah per helai. Dalam sehari ada 200 helai batik berhasil diproduksi dengan penjualan hingga ke luar pulau.

Diprediksi, batik khas kemerdekaan ini akan semakin laris pada puncak Hari Ulang Tahun RI ke 75.

#MaskerBatik #HUTRIke75 #HariKemerdekaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x