Kompas TV video cerita indonesia

Siapakah Pribumi Indonesia? - Indonesia Milik Kita (Bag 1)

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 11:49 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Siapakah pribumi Indonesia?

75 thn Indonesia merdeka, ternyata belum menghapus pertanyaaan siapakah pribumi Indonesia? Siapakah non pribumi Indonesia?  Pertanyaan-pertanyaan ini berujung pada siapakah yang sah menamakan dirinya Indonesia? Berbagai penelitian dilakukan untuk memberi jawaban siapa  sesungguhnya pribumi Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Janis, Melting Pot Community Junior berbincang bersama Prof. dr. Herawati Supolo Sudoyo, MS., PhD, seorang ilmuwan bidang biologi molekuler yang juga salah satu dari pendiri Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Indonesia saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala LBME bidang Penelitian Fundamental.

Janis mencoba menguak pertanyaan siapa pribumi Indonesia melalui riset DNA di lembaga Eijkman, Indoesia. 

Banyak orang merasa paling Indonesia. Sikap merasa paling Indonesia ini, kemudian diikuti  sikap sewenang-wenang terhadap terhadap anak bangsa lainnya yang dianggap sekedar pendatang di negeri tercinta ini.

Fenomena ini menimbulkan keresahan tersendiri, termasuk di kalangan remaja yang merupakan pewaris Indonesia di masa depan. Arundhati, Melting Pot Community Junior berbincang bersama Tiara Andini, Runner Up Indonesia Idol 2020 mengenai Indonesia milik siapa sih? Dan kalau merasa Indonesia sikap apa yang harus dimiliki remaja Indonesia.  Ini linknya. Jangan lupa like dan subscribe yah  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x