Kompas TV regional berita daerah

Anak Ciptakan Robot Untuk Upacara HUT RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 09:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Peringatan HUT RI yang ke 75 tahun bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya seperti yang dilakukan anak-anak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Bertempat di sebuah lembaga pendidikan ketrampilan (LPK)  autobot di Klaten, Jawa Tengah, empat siswa sekolah dasar  melakukan upacara bendera, untuk memperingati HUT RI yang ke 75 tahun. Namun kali ini, upacara berbeda dengan sebelumnya, dan terlihat istimewa, karena pesertanya adalah robot.

Tempat upacara dilakukan di atas meja, yang telah diatur sedemikian rupa. Anak-anak selaku pendamping tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan mengenakan masker dan faceshield.

Ada enam robot yang melakukan upacara bendera, semua berbentuk mobil, lengkap dengan tangan untuk melakukan hormat.

Salah satu robot berjenis humanoid menjadi pemimpin upacara, robot ini bernama si bro, dengan tinggi 40 centimeter, sementara itu robot lainnya berjenis lego.

Menurut direktur LPK Autobot School, Agur Yeka Mulia, semua robot ini dibuat oleh empat siswa sd dengan bimbingan lima guru. Ide ini berawal dari keprihatinan di tengah pandemi Covid-19, agar anak tetap merasakan moment kemerdekaan dengan aman, maka ide pembuatan robot muncul.

Para orangtua dan guru mengapresiasi kerja keras para siswa, yang tetap kreatif meski di tengah masa pandemi.

#PeringatanHUTRI #Robot #LPKAutobotSchool



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.