Kompas TV feature hobi

Tidak Kalah Hits, Cupang Alam Indonesia Juga Punya Daya Tarik Tersendiri!

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 20:20 WIB
tidak-kalah-hits-cupang-alam-indonesia-juga-punya-daya-tarik-tersendiri
Ikan cupang (Sumber: Dok Pribadi/Roy Ilman)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Roy Ilman

JAKARTA, KOMPAS.TV - #TahukahKamu, Indonesia adalah salah satu negara dengan spesies cupang alam terbanyak di dunia, lho!

Saat ini, harga seekor ikan cupang hias sudah mencapai puluhan juta rupiah. Namun, hal itu tidak serta-merta mendorong ikan cupang alam terangkat derajatnya sebagai salah satu cikal bakal ikan cupang yang ada.

Sumber daya ikan cupang alam di Indonesia begitu melimpah dan beragam. Lebih dari 40 jenis ikan cupang tersebar di seluruh Nusantara, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Berikut ini rekomendasi ikan cupang alam yang bisa jadi pilihan kamu.

Baca Juga: Ikan Cupang Naik Daun, Pembudidaya Raup Untung

1. Ikan Cupang Channoides (Betta Channoides)

Betta Channoides berasal dari Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Ciri khas ikan cupang endemik ini adalah terdapat list putih pada ujung sirip tengah dan sirip perut.

Nilai jual ikan cupang ini pun tinggi. Pasalnya, selain punya warna kecoklatan yang unik, beberapa daerah menyebutnya sebagai ikan cupang ular, di mana hanya ada di Indonesia.

Betta Channoides jantan memiliki warna yang gelap dengan tubuh lebih panjang, Sedangkan, betina memiliki warna lebih terang dengan tubuh lebih gemuk dan kepala lebih runcing.

2. Ikan Cupang Ocellata (Betta Ocellata)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x