Kompas TV bisnis perbankan

Sri Mulyani dan BI Segera Keluarkan Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI ke-75

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 15:36 WIB
sri-mulyani-dan-bi-segera-keluarkan-uang-edisi-khusus-kemerdekaan-ri-ke-75
Ilustras: uang rupiah gaji (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia bakal mengeluarkan uang rupiah khusus dalam rangka peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia.

Peresmian pengeluaran uang logam rupiah khusus atau commemorative coin tersebut bakal dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (17/8/2020).

"Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekans pada acara 'Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia' bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan," jelas BI dalam undangan yang diterima Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga: HUT Kemerdekaan RI ke-75, Lagu Indonesia Raya Dikumandangkan di Halte dan Bus Transjakarta

Untuk diketahui, uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang rupiah edisi khsusu merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia.

BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya.

Untuk seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih.

Uang tersebut dibuat dengan bahan logam perak kadar 1000/1000 dengan berat 8 gram serta diameter 26 milimeter. 

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Foto Viral Seminar dengan Jokowi pada 1998

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x