Kompas TV regional update corona

Seluruh Pasien Covid-19 di Secapa AD Dinyatakan Sembuh

Kompas.tv - 15 Agustus 2020, 15:15 WIB
seluruh-pasien-covid-19-di-secapa-ad-dinyatakan-sembuh
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. (Sumber: ANTARA/M Fikri Setiawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh personel TNI yang terpapar Covid-19 di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) dinyatakan sembuh.

Hal itu disebutkan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari Warta Kota, Sabtu (15/8/2020).

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari 'swab' lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan hari ini (15/8), ada empat pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Jenderal Andika.

Dengan hasil terakhir yang menyatakan empat pasien sudah negatif Covid-19, kata dia, maka sudah seluruh pasien sembuh.

"Dari total (semula) 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada hari ini tidak ada yang positif," kata Andika.

Sebelumnya, sebanyak 1.308 siswa Secapa AD diketahui positif Covid-19 sehingga segera dilakukan berbagai upaya penanganan, termasuk karantina dan perawatan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah terapi plasma convalescent terhadap perwira Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Baca Juga: 8 Warga Sekitar Secapa AD Reaktif Covid-19

Perwira Secapa AD Donor Plasma
Sebanyak 20 orang perwira Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa D) melakukan donor plasma darah di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (14/8/2020) siang.

20 orang Perwira Pertama (Pama) ini merupakan pendonor plasma darah yang sebelumnya terjangkit virus Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Antibodi yang terkandung dalam plasma darah diharapkan dapat membantu kekebalan tubuh pasien Covid-19 melalui terapi plasma konvalesen. 

Plasma darah ini kemudian akan dimasukkan ke dalam lemari pendingin dengan suhu minus hingga 31 derajat celcius agar bisa disimpan selama 1 tahun.

Baca Juga: Pasien Negatif Covid-19 di Secapa AD Bertambah 67 Orang, Total Kini Jadi 165

Plasma darah konvalesen ini sudah melalui uji klinis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Plasma darah berfungsi untuk pengobatan pasien positif Covid-19 pada stadium sedang hingga berat. 

Sebelumnya pada Senin 3 Agustus 2020, tercatat sudah ada 155 orang pendonor plasma darah konvalesen. 

Plasma darah konvalesen ini akan dipublikasi pada akhir Agustus 2020 untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x