Kompas TV regional berita daerah

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Warga Kompak Ubah Kampung Kumuh Jadi Berwarna

Jumat, 14 Agustus 2020 | 15:31 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Banyak cara dilakukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, salah satunya menghias kampung dengan lukisan mural yang penuh pesan edukatif. Seperti yang dilakukan warga di Kampung Talang Cikirai, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung.

Kampung yang semula dikenal kumuh, kini diubah menjadi pemukiman layak dan penuh warna. Dengan perubahan ini warga pun siap meyambut hari kemerdekaan dengan nuansa baru.

Warga Kampung Talang Cikirai di Teluk Betung Selatan,  Bandar Lampung, berhasil mengubah kampung yang semula dikenal kumuh kini lebih bersih dan bersahabat.

Selain kumuh lokasi ini dahulu dijadikan sebagai lokasi perjudian yang kerap menimbulkan tindak kriminal.

Namun kini semua sudah berubah, berkat kekompakan tetua dan pemuda kampung, bergotong royong mengecat dinding setiap rumah dengan beragam gambar dan warna.

Tak hanya sekedar gambar, semua yang dibuat bernuansa religius dan penuh pesan edukatif serta mudah dipahami bagi anak-anak.

Cara ini dinilai efektif, karena selain mengubah kebiasaan buruk serta stigma negatif tentang Kampung Cikirai, kampung ini juga bisa menjadi kampung percontohan ramah anak.

Merayakan HUT kemerdekaan RI tak harus dimulai dari hal yang besar, berani berbenah untuk diri sendiri dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar, adalah kontribusi nyata untuk membangun dan merawat kemerdekaan dari lingkup terdekat.

Baca Juga: BNNP Lampung Ringkus Oknum Polisi Pemilik Sabu

Kini Kampung Talang Cikirai berhasil mengubah wajah kampung menjadi bersahabat, aman dan ramah bagi anak.

#HUTKemerdekaanRI #17Agustus #kampungmural

Editor : Kompastv Lampung



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:25
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR   BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BP2MI SELAMATKAN 4 ABK YANG MERUPAKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KORBAN EKSPLOITASI DI KAPAL IKAN ITALIA   DINAS KESEHATAN: INSENTIF TENAGA MEDIS DI BEKASI CAIR PALING LAMBAT OKTOBER 2020   KEPALA DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: ANGGOTA PASUKAN BIRU YANG POSITIF COVID-19 WAJIB ISTIRAHAT   KEMENDAGRI CATAT ADA 9 PROVINSI DENGAN CAPAIAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN RENDAH    KETUA MPR MINTA PEMERINTAH PERKUAT TES USAP DAN PELACAKAN MASYARAKAT YANG TERPAPAR COVID-19   SELAIN KONSER MUSIK, KPU JUGA MELARANG PENTAS SENI, RAPAT UMUM, PERLOMBAAN, HINGGA BAZAR   KPU: LARANGAN KONSER MUSIK DALAM KAMPANYE PILKADA TERTUANG DALAM PKPU   KPU RESMI LARANG KONSER MUSIK SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN KAMPANYE PILKADA 2020   KEMENDAGRI SEBUT REVISI PKPU UNTUK PERKUAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA TAHAPAN PILKADA    PRESIDEN AKAN TAMBAH LOKASI "FOOD ESTATE" DI SUMATERA SELATAN, NUSA TENGGARA TIMUR, DAN PAPUA    PRESIDEN JOKOWI SEBUT PROYEK "FOOD ESTATE" DI KALIMANTAN TENGAH TERKENDALA KEPEMILIKAN LAHAN    GUBERNUR DKI TARGETKAN PEMBEBASAN LAHAN SEJUMLAH SUNGAI UNTUK SISTEM PENGENDALIAN BANJIR SELESAI 2021