Kompas TV regional berita daerah

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Warga Kompak Ubah Kampung Kumuh Jadi Berwarna

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 15:31 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Banyak cara dilakukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, salah satunya menghias kampung dengan lukisan mural yang penuh pesan edukatif. Seperti yang dilakukan warga di Kampung Talang Cikirai, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung.

Kampung yang semula dikenal kumuh, kini diubah menjadi pemukiman layak dan penuh warna. Dengan perubahan ini warga pun siap meyambut hari kemerdekaan dengan nuansa baru.

Warga Kampung Talang Cikirai di Teluk Betung Selatan,  Bandar Lampung, berhasil mengubah kampung yang semula dikenal kumuh kini lebih bersih dan bersahabat.

Selain kumuh lokasi ini dahulu dijadikan sebagai lokasi perjudian yang kerap menimbulkan tindak kriminal.

Namun kini semua sudah berubah, berkat kekompakan tetua dan pemuda kampung, bergotong royong mengecat dinding setiap rumah dengan beragam gambar dan warna.

Tak hanya sekedar gambar, semua yang dibuat bernuansa religius dan penuh pesan edukatif serta mudah dipahami bagi anak-anak.

Cara ini dinilai efektif, karena selain mengubah kebiasaan buruk serta stigma negatif tentang Kampung Cikirai, kampung ini juga bisa menjadi kampung percontohan ramah anak.

Merayakan HUT kemerdekaan RI tak harus dimulai dari hal yang besar, berani berbenah untuk diri sendiri dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar, adalah kontribusi nyata untuk membangun dan merawat kemerdekaan dari lingkup terdekat.

Baca Juga: BNNP Lampung Ringkus Oknum Polisi Pemilik Sabu

Kini Kampung Talang Cikirai berhasil mengubah wajah kampung menjadi bersahabat, aman dan ramah bagi anak.

#HUTKemerdekaanRI #17Agustus #kampungmural



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x