Kompas TV regional berita daerah

Daftar Jadi Relawan Vaksin, Gara-Gara Ridwan Kamil

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:10 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Uji klinis tahap tiga merupakan prosedur akhir yang perlu dilalui bagi sebuah vaksin, untuk mengetahui efektivitas pada manusia. 

Sebelumnya, vaksin telah melalui uji klinis tahap pertama dan kedua dimana vaksin telah dinyatakan aman diujikan pada binatang, dan manusia dalam jumlah kecil. 

Namun, dalam tahapan uji klinis kali ini, proses uji dengan jumlah besar kepada manusia diperlukan. Meski banyak masyarakat yang sudah tak tahan, dan ingin pandemi segera berakhir, nyatanya tidak banyak yang bersedia menjadi relawan uji klinis vaksin ini. 

Alasannya beragam, salah satunya adalah ketakutan masyarakat akibat kabar-kabar negatif yang beredar.

Itulah juga dialami oleh salah satu calon relawan uji klinis tahap 3 kandidat vaksin covid-19, Arief Permadi, atau yang biasa disapa Opin. 

Sebelumnya ia mengaku sempat termakan informasi yang beredar, dan meragukan tahapan pengujian vaksin terhadap subjek manusia ini. Namun pekerjaannya sebagai manager produksi di sebuah surat kabar di Jawa Barat, mebuat ia mendapatkan informasi yang komperhensif dari para ahli, tentang keamanan vaksin ini. 

Keikutsertaan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sebagai calon relawan, menambah bulat tekadnya untuk berpartisipasi demi kemaslahatan bersama. Keikutsertaan Ridwan Kamil jugalah, yang membuat sang isteri akhirnya merestui keputusan Opin.

Untuk lebih tahu beri tater-update seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

Editor : KompasTV Bandung



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:49
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR   BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BP2MI SELAMATKAN 4 ABK YANG MERUPAKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KORBAN EKSPLOITASI DI KAPAL IKAN ITALIA   DINAS KESEHATAN: INSENTIF TENAGA MEDIS DI BEKASI CAIR PALING LAMBAT OKTOBER 2020   KEPALA DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: ANGGOTA PASUKAN BIRU YANG POSITIF COVID-19 WAJIB ISTIRAHAT   KEMENDAGRI CATAT ADA 9 PROVINSI DENGAN CAPAIAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN RENDAH    KETUA MPR MINTA PEMERINTAH PERKUAT TES USAP DAN PELACAKAN MASYARAKAT YANG TERPAPAR COVID-19   SELAIN KONSER MUSIK, KPU JUGA MELARANG PENTAS SENI, RAPAT UMUM, PERLOMBAAN, HINGGA BAZAR   KPU: LARANGAN KONSER MUSIK DALAM KAMPANYE PILKADA TERTUANG DALAM PKPU   KPU RESMI LARANG KONSER MUSIK SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN KAMPANYE PILKADA 2020   KEMENDAGRI SEBUT REVISI PKPU UNTUK PERKUAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA TAHAPAN PILKADA    PRESIDEN AKAN TAMBAH LOKASI "FOOD ESTATE" DI SUMATERA SELATAN, NUSA TENGGARA TIMUR, DAN PAPUA    PRESIDEN JOKOWI SEBUT PROYEK "FOOD ESTATE" DI KALIMANTAN TENGAH TERKENDALA KEPEMILIKAN LAHAN    GUBERNUR DKI TARGETKAN PEMBEBASAN LAHAN SEJUMLAH SUNGAI UNTUK SISTEM PENGENDALIAN BANJIR SELESAI 2021