Kompas TV regional berita daerah

Unik, "Aquascape" Seni Bercocok Tanam di Dalam Air di Kabupaten Semarang

Jumat, 14 Agustus 2020 | 13:10 WIB

KABUPATEN SEMARANG, KOMPAS.TV - Tdak semua jenis pekerjaan mengalami kerugian selama pandemi, ada juga pekerjaan yang bisa mendulang keuntungan seperti bisnis “Aquascape” atau seni merancang tumbuhan dalam air. Di Kabupaten Semarang Jawa Tengah, penjualan “Aquascape” yang sempat turun, kini di masa pandemi Covid-19 jumlah pesanannya justru semakin meningkat.

Ikhsan, warga Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sedang mempersiapkan tumbuhan untuk kemudian dimasukkan ke dalam aquarium. Seni yang digelutinya ini bernama “Aquascape”.

Ikhsan sudah menjalani bisnisnya ini sejak tahun 2015. Awalnya saat Ikhsan baru saja menggeluti bisnis “Aquascape” ini hanya menerima pesanan dua hingga tiga “Aquascape “. Namun saat memasuki masa pandemi Covid-19, dirinya kebanjiran pesanan, karena banyak warga yang mencari kegiatan di dalam rumah selama masa pandemi, dan salah satunya dengan memiliki “Aquascape”.

Untuk membuat “Aquascape” dibutuhkan ketelitian dan jiwa seni, karena seperti memindahkan lukisan alam ke dalam kaca yang berisikan air atau aquarium. Sementara itu harga “Aquascape “ tergantung ukuran dan faktor kesulitannya, yakni dari harga yang termurah Rp. 2.000.000 hingga puluhan juta rupiah.

#Semarang #Aquacape #Covid19

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:38
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO