Kompas TV regional berita daerah

Arus Air Sungai Deras, Jembatan Antar-Kabupaten Putus di Yogyakarta

Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jembatan kayu alternatif penghubung dua Kabupaten yaitu Bantul dan Kulonprogo, Yogyakarta, putus. Putusnya jembatan dikarenakan arus air di Sungai Progo, naik akibat hujan sejak Selasa malam, sehingga tiang penyangga tidak kuat menahan badan jembatan. Beruntung, pada waktu kejadian tidak ada yang lewat diatas jembatan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Dari video amatir warga, jembatan bambu penghubung antar Kabupaten di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta tiba-tiba putus. Terlihat, arus Sungai Progo sangat deras dan mengakibatkan tiang penyangga tidak kuat menahan badan jembatan.

Jembatan tersebut merupakan akses alternatif penting bagi warga setempat yang menghubungkan antara Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Jembatan kayu tersebut putus sekitar pukul delapan pagi yang dikarenakan luapan Sungai Progo. Kejadian seperti ini sering terjadi karena belum adanya jembatan permanen. Selain itu, jembatan kayu ini juga dapat memperpendek jarak tempuh warga setiap harinya. Sebab, kalau melewati jalan besar harus memutar kurang lebih lima kilometer lewat Bendung Kamijoro.

Jembatan kayu dengan panjang 100 meter dan lebar satu setengah meter tersebut, baru sebulan dipasang oleh masyarakat. Dikala musim kemarau, memang warga memasang jembatan kayu untuk alternatif. Sedangkan di musim penghujan, warga menggunakan sebuah perahu untuk penyeberangan di Sungai Progo. Sebelum jembatan kayu tersebut putus, setiap harinya sering dilewati oleh para warga untuk mencari rumput, akses ekonomi, dan pendidikan. Nantinya warga akan memasang kembali jembatan kayu yang sama, sembari menunggu arus Sungai Progo kembali normal.

#Yogyakarta #JembatanKayuPutus #SungaiProgo

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Aksi Massa Tuntut Erick Thohir Mundur

Kamis, 24 September 2020 | 03:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:23
KEMENAG BERHARAP ARAB SAUDI MEMASUKKAN INDONESIA DALAM DAFTAR NEGARA YANG BOLEH MEMBERANGKATKAN JEMAAH UMRAH   DINYATAKAN MELANGGAR KODE ETIK, KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO: SAYA SIAP MENERIMA KONSEKUENSI KEPEGAWAIAN   DEWAS KPK MENYATAKAN KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO BERSALAH MELANGGAR KODE ETIK PEMBERITAAN    MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   GUBERNUR BALI I WAYAN KOSTER KEMBALI BATASI MASYARAKAT SETELAH ADA KLASTER BARU DARI UPACARA ADAT DI BADUNG, BALI   BAWASLU: PKPU PERUBAHAN MENGATUR TAK ADA KONSER MUSIK, ULANG TAHUN PARTAI, BAZAR, PERGELARAN SENI PADA PILKADA 2020   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT