Kompas TV regional berita daerah

Warga Lapor, Penadah Motor Sitaan Leasing Ditangkap Polisi di Malang

Kamis, 13 Agustus 2020 | 15:31 WIB

Malang, KompasTV Jawa Timur - Seorang pelaku penadah dan pemalsuan kendaraan bermotor ini ditangkap bersama sejumlah barang bukti berupa 24  sepeda motor jenis skuter matic (skutic).

Selain itu, Polisi juga menyita sejumlah STNK serta BPKB sepeda motor yang merupakan hasil sitaan leasing ini.

Penangkapan ini bermula dari laporan masyarakat terkait transaksi jual beli kendaraan bermotor roda dua yang diketahui terdapat ketidaksamaan antara nomor rangka mesin kendaraan dengan surat kendaraan.

Mengetahui hal ini petugas langsung melakukan penyelidikan dan  berhasil mengamankan seorang saksi yang tak lain adalah pembeli kendaraan.

Berawal dari sini petugas melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka dirumahnya beserta barang bukti.

Modus yang dilakukan pelaku yakni membeli kendaraan bermotor roda dua dari sindikat permainan kredit macet di sejumlah leasing.

Setelah membeli kendaraan ini pelaku kemudian memesan kepada seseorang yang saat ini masih berstatus DPO untuk dicarikan  STNK atau BPKB untuk disesuaikan dengan  nomor rangka dan mesin kendaraan yang akan diemboss.

Pelaku mengaku sudah melakukan pekerjaan ini sudah sekitar delapan bulan dan total tercatat sudah ratusan kendaraan bermotor roda dua dengan surat palsu sudah beredar di masyarakat.

Atas perbuatannya, ini pelaku dijerat pasal 263 dan 480 KUHP tentang pemalsuan dan penadah dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

 

#Malang #Penadah #Motor #Leasing #Kredit #Pemalsuan #STNK #BPKB

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : KompasTV Surabaya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:40
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   KPU USUL PERPPU BARU PILKADA ATUR KONSER KAMPANYE SECARA DARING   KEMENHUB SEBUT SANKSI BAGI PESEPEDA YANG LANGGAR ATURAN AKAN DITENTUKAN PEMDA   PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   PEMKAB GARUT SIAPKAN PEMAKAMAN UMUM DI KAMPUNG SANTIONG UNTUK JENAZAH PASIEN POSITIF COVID-19   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   KOMISI X DPR: SEJARAH HARUS TETAP JADI MATA PELAJARAN WAJIB BAGI SISWA DI SEKOLAH   BKKBN APRESIASI PROGRAM INOVASI POSYANDU KELUARGA YANG DIMILIKI PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT   PANDEMI KORONA, GUBERNUR JATIM SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG    TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN   2 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PEMKAB TEGAL TUTUP SEMENTARA PASAR TRAYEMAN SLAWI SELAMA 3 HARI    PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL