Kompas TV regional berita daerah

Warga Lapor, Penadah Motor Sitaan Leasing Ditangkap Polisi di Malang

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Malang, KompasTV Jawa Timur - Seorang pelaku penadah dan pemalsuan kendaraan bermotor ini ditangkap bersama sejumlah barang bukti berupa 24  sepeda motor jenis skuter matic (skutic).

Selain itu, Polisi juga menyita sejumlah STNK serta BPKB sepeda motor yang merupakan hasil sitaan leasing ini.

Penangkapan ini bermula dari laporan masyarakat terkait transaksi jual beli kendaraan bermotor roda dua yang diketahui terdapat ketidaksamaan antara nomor rangka mesin kendaraan dengan surat kendaraan.

Mengetahui hal ini petugas langsung melakukan penyelidikan dan  berhasil mengamankan seorang saksi yang tak lain adalah pembeli kendaraan.

Berawal dari sini petugas melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka dirumahnya beserta barang bukti.

Modus yang dilakukan pelaku yakni membeli kendaraan bermotor roda dua dari sindikat permainan kredit macet di sejumlah leasing.

Setelah membeli kendaraan ini pelaku kemudian memesan kepada seseorang yang saat ini masih berstatus DPO untuk dicarikan  STNK atau BPKB untuk disesuaikan dengan  nomor rangka dan mesin kendaraan yang akan diemboss.

Pelaku mengaku sudah melakukan pekerjaan ini sudah sekitar delapan bulan dan total tercatat sudah ratusan kendaraan bermotor roda dua dengan surat palsu sudah beredar di masyarakat.

Atas perbuatannya, ini pelaku dijerat pasal 263 dan 480 KUHP tentang pemalsuan dan penadah dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

 

#Malang #Penadah #Motor #Leasing #Kredit #Pemalsuan #STNK #BPKB

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.