Kompas TV regional berita daerah

Keren ! Sampah di Surabaya Disulap Jadi Furniture

Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:14 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Inilah Robries, bisnis kreatif yang digawangi oleh Syukriyatun Niamah dan empat orang rekan lainnya sejak tahun 2018 lalu.

Mengangkat konsep daur ulang sampah reduce-reuse dan recycle, Nia dan tim sukses mengubah tumpukan sampah plastik menjadi ragam benda unik bernilai ekonomis tinggi.

Seperti tas, kursi meja, hiasan dinding hingga furniture unik lainnya.

Menggandeng bank sampah yang dikelola langsung oleh banyak kampung di surabaya untuk mendapatkan bahan utama sampah plastik seperti tutup botol plastik, sampah tutup galon, kantong kresek, hingga berbagai sampah plastik keras lainnya.

Proses pengerjaannya pun tergolong sederhana, sampah plastik yang sudah terkumpul lantas dicacah dengan mesin, kemudian ditempatkan dalam cetakan atau bentuk benda tertentu sebelum akhirnya dioven dan di press, sebelum akhirnya di modifikasi menjadi berbagai benda unik.

Tim robries ini mampu menjadi salah satu roda penggerak ekonomi industri kreatif lantaran dapat beromzet hingga 25 juta per bulan dan pesanan berasal dari mancanegara.

 

#Surabaya #UMKM #Kreatif #Inovasi #Limbah #Recycle

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : KompasTV Surabaya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:34
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   KPU USUL PERPPU BARU PILKADA ATUR KONSER KAMPANYE SECARA DARING   KEMENHUB SEBUT SANKSI BAGI PESEPEDA YANG LANGGAR ATURAN AKAN DITENTUKAN PEMDA   PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   PEMKAB GARUT SIAPKAN PEMAKAMAN UMUM DI KAMPUNG SANTIONG UNTUK JENAZAH PASIEN POSITIF COVID-19   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   KOMISI X DPR: SEJARAH HARUS TETAP JADI MATA PELAJARAN WAJIB BAGI SISWA DI SEKOLAH   BKKBN APRESIASI PROGRAM INOVASI POSYANDU KELUARGA YANG DIMILIKI PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT   PANDEMI KORONA, GUBERNUR JATIM SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG    TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN   2 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PEMKAB TEGAL TUTUP SEMENTARA PASAR TRAYEMAN SLAWI SELAMA 3 HARI    PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL