Kompas TV regional berita daerah

Mantan Geng Motor Buat Batik Jumputan Merah Putih

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 12:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Polres Sukabumi Kota, membangun Rumah Kreatif Milenial di Jalan Cipelang Kota Sukabumi, untuk mewadahi mantan anggota geng motor agar menjadi kelompok dengan kreatifitas positif. Di tempat ini, mereka mendapat pelatihan salah satunya membuat Batik Jumputan berbagai model dengan bahan pewarna alami. Hasil karya mereka diharapkan bisa menambah kemandirian setelah memiliki keahlian dan keterampilan, sehingga tidak kembali terjerumus tindak kriminalitas di jalanan.        

Karena menjelang hari kemerdekaan, tema Batik Jumputan kali ini bernuansa merah putih. Pembuatan kain Jumputan ini pun dilakukan secara tradisional dengan bahan yang alami, dari pewarna hingga alat mengikat kain. Tekniknya pun dibuat lebih sederhana agar mudah diikuti oleh para peserta yang merupakan mantan anggota geng motor ini. 

Nantinya hasil karya mereka bisa dijual untuk pasar yang sudah disiapkan, harga per lembar kain Jumputan itu bisa mencapai 500 ribu rupiah. bahkan permintaan kain Jumputan ini hingga ke luar negeri seperti Negara Jepang.

Nantinya, jika kemampuan mereka sudah mahir, kelompok geng motor ini akan diberikan modal untuk memiliki usaha mandiri dan melepaskan dunia geng motor yang rawan dengan tindak criminal.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x