Kompas TV regional berita daerah

Operasional Balitbangkes Aceh Dihentikan

Rabu, 12 Agustus 2020 | 18:13 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV – Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes Aceh) berhenti melakukan pemeriksaan sampel swab masyarakat Aceh. Penghentian layanan itu dilakukan, pasca dua orang petugas dinyatakan positif tertular virus corona.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Aceh, Saifullah Abdulgani.

Baca Juga: Awan Arcus Selimuti Langit Kota Meulaboh

Dia menyatakan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar terpaksa ditutup sementara setelah dua petugasnya positif tertular Covid-19.

“Mereka sudah bekerja memeriksa ribuan sampel usap sejak April lalu. Dan ada dua petugas yang terinfeksi virus corona sehingga (Balitbangkes) harus off,” kata Saifullah di Banda Aceh, Senin (11/8/2020).

Dijelaskan, akibat dua tenaga kesehatan di laboratorium setempat positif terjangkit Covid-19, maka petugas lainnya di Balai Litbangkes Aceh dianggap sebagai kontak erat.

Dengan begitu, semua paramedis bertugas dalam pemeriksaan sampel usap setiap warga yang dicurigai terinfeksi Covid-19 dengan metode “polymerase chain reaction” (PCR) di laboratorium tersebut harus menjalani isolasi mandiri.

“Karena petugasnya berobat dan isolasi mandiri, maka seluruh ruangan laboratprium itu didisinfektan, disterilisasi, termasuk alat-alatnya. Jadi enggak mungkin dilakukan pemeriksaan karena kondisi seperti ini,” katanya.

“Tutup selama 14 hari. Informasi dari Kepala Balitbangkes Aceh, mereka akan buka laboratorium lagi 24 Agustus 2020,” katanya.

Baca Juga: Dua Puskesmas di Tutup Karena Covid 19

Saifullah memastikan, meski Balai Litbangkes Aceh tutup, namun pemeriksaan usap juga bisa dilakukan di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Namun, untuk menghindari lonjakan kapasitas pemeriksaan, maka sebagian sampel juga dikirim ke Balai Litbangkes Jakarta secara gratis.

#aceh #balitbangkesditutup #covid19

Editor : KompasTV Aceh



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:13
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   KPU USUL PERPPU BARU PILKADA ATUR KONSER KAMPANYE SECARA DARING   KEMENHUB SEBUT SANKSI BAGI PESEPEDA YANG LANGGAR ATURAN AKAN DITENTUKAN PEMDA   PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   PEMKAB GARUT SIAPKAN PEMAKAMAN UMUM DI KAMPUNG SANTIONG UNTUK JENAZAH PASIEN POSITIF COVID-19   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   KOMISI X DPR: SEJARAH HARUS TETAP JADI MATA PELAJARAN WAJIB BAGI SISWA DI SEKOLAH   BKKBN APRESIASI PROGRAM INOVASI POSYANDU KELUARGA YANG DIMILIKI PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT   PANDEMI KORONA, GUBERNUR JATIM SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO