Kompas TV regional berita daerah

Operasional Balitbangkes Aceh Dihentikan

Kompas.tv - 12 Agustus 2020, 18:13 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV – Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes Aceh) berhenti melakukan pemeriksaan sampel swab masyarakat Aceh. Penghentian layanan itu dilakukan, pasca dua orang petugas dinyatakan positif tertular virus corona.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Aceh, Saifullah Abdulgani.

Baca Juga: Awan Arcus Selimuti Langit Kota Meulaboh

Dia menyatakan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar terpaksa ditutup sementara setelah dua petugasnya positif tertular Covid-19.

“Mereka sudah bekerja memeriksa ribuan sampel usap sejak April lalu. Dan ada dua petugas yang terinfeksi virus corona sehingga (Balitbangkes) harus off,” kata Saifullah di Banda Aceh, Senin (11/8/2020).

Dijelaskan, akibat dua tenaga kesehatan di laboratorium setempat positif terjangkit Covid-19, maka petugas lainnya di Balai Litbangkes Aceh dianggap sebagai kontak erat.

Dengan begitu, semua paramedis bertugas dalam pemeriksaan sampel usap setiap warga yang dicurigai terinfeksi Covid-19 dengan metode “polymerase chain reaction” (PCR) di laboratorium tersebut harus menjalani isolasi mandiri.

“Karena petugasnya berobat dan isolasi mandiri, maka seluruh ruangan laboratprium itu didisinfektan, disterilisasi, termasuk alat-alatnya. Jadi enggak mungkin dilakukan pemeriksaan karena kondisi seperti ini,” katanya.

“Tutup selama 14 hari. Informasi dari Kepala Balitbangkes Aceh, mereka akan buka laboratorium lagi 24 Agustus 2020,” katanya.

Baca Juga: Dua Puskesmas di Tutup Karena Covid 19

Saifullah memastikan, meski Balai Litbangkes Aceh tutup, namun pemeriksaan usap juga bisa dilakukan di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Namun, untuk menghindari lonjakan kapasitas pemeriksaan, maka sebagian sampel juga dikirim ke Balai Litbangkes Jakarta secara gratis.

#aceh #balitbangkesditutup #covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.