Kompas TV nasional kompas petang

Vaksin Covid-19 Buatan Rusia Aman Untuk Indonesia?

Rabu, 12 Agustus 2020 | 18:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rusia mengumumkan telah menciptakan vaksin Covid-19 pertama di dunia. Vaksin ini diklaim mampu menawarkan kekebalan berkelanjutan terhadap Covid-19.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan negaranya telah menciptakan vaksin virus Covid-19 pertama di dunia.

Virus yang baru saja mereka kembangkan ini didaftarkan agar dapat digunakan secara umum dengan nama sputnik lima.

Menurut rencana. Vaksin ini akan diproduksi massal mulai september mendatang.

Rusia mengklaim sudah ada 20 negara di dunia yang mengajukan permintaan awal untuk vaksin ini dengan total mencapai satu miliar dosis.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut, putrinya menjadi salah satu orang yang telah disuntikkan vaksin Covid-19 buatan Rusia.

Namun klaim Rusia atau penemuan vaksin Covid-19 ini dipertanyaan banyak negara.

Pasalnya uji klinis terhadap vaksin Covid-19 ini baru dilakukan sebanyak 2 kali.

Padahal uji klinis sebuah vaksin harus dilakukan tiga kali, yang melibatkan banyak orang.

Keberadaan vaksin Rusia ini disambut presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Sebagai negara tertinggi kasus Covid -19 di wilayah asia tenggara, Filipina sangat berharap vaksin dari Rusia menjadi solusi.

Presiden Duterte bahkan mengatakan ingin menjadi orang pertama di Filipina yang mendapat suntikan vaksin Rusia.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:09
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR   BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BP2MI SELAMATKAN 4 ABK YANG MERUPAKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KORBAN EKSPLOITASI DI KAPAL IKAN ITALIA   DINAS KESEHATAN: INSENTIF TENAGA MEDIS DI BEKASI CAIR PALING LAMBAT OKTOBER 2020   KEPALA DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: ANGGOTA PASUKAN BIRU YANG POSITIF COVID-19 WAJIB ISTIRAHAT   KEMENDAGRI CATAT ADA 9 PROVINSI DENGAN CAPAIAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN RENDAH    KETUA MPR MINTA PEMERINTAH PERKUAT TES USAP DAN PELACAKAN MASYARAKAT YANG TERPAPAR COVID-19   SELAIN KONSER MUSIK, KPU JUGA MELARANG PENTAS SENI, RAPAT UMUM, PERLOMBAAN, HINGGA BAZAR   KPU: LARANGAN KONSER MUSIK DALAM KAMPANYE PILKADA TERTUANG DALAM PKPU   KPU RESMI LARANG KONSER MUSIK SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN KAMPANYE PILKADA 2020   KEMENDAGRI SEBUT REVISI PKPU UNTUK PERKUAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA TAHAPAN PILKADA    PRESIDEN AKAN TAMBAH LOKASI "FOOD ESTATE" DI SUMATERA SELATAN, NUSA TENGGARA TIMUR, DAN PAPUA    PRESIDEN JOKOWI SEBUT PROYEK "FOOD ESTATE" DI KALIMANTAN TENGAH TERKENDALA KEPEMILIKAN LAHAN    GUBERNUR DKI TARGETKAN PEMBEBASAN LAHAN SEJUMLAH SUNGAI UNTUK SISTEM PENGENDALIAN BANJIR SELESAI 2021