Kompas TV bisnis kebijakan

9 Juta UMKM Dapat Modal Usaha Rp 2,4 Juta Pertengahan Agustus, Ini Syaratnya

Kompas.tv - 12 Agustus 2020, 16:23 WIB
9-juta-umkm-dapat-modal-usaha-rp-2-4-juta-pertengahan-agustus-ini-syaratnya
Peserta pameran UMKM menunggu pengunjung dalam pameran Indocraft 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/3/2020). 9 Juta UMKM Dapat Modal Usaha Rp 2,4 Juta Pertengahan Agustus, Ini Syaratnya. (Sumber: Kompas/Totok Wijayanto)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 9 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan mendapat bantuan modal usaha pada pertengahan Agustus 2020.

Bantuan modal kerja yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta tersebut guna mendorong produksi UMKM di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Siap-siap Pemerintah akan Beri Rp 2 Juta untuk Modal Usaha Ibu Rumah Tangga, Tertarik?

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah menekan sektor UMKM baik dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga permintaan.

"Jadi ini kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kita kick off," ujar Teten Masduki di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Nantinya dana modal kerja tersebut akan langsung ditransfer kepada penerima.

Syaratnya penerima merupakan UMKM yang belum pernah menerima pinjaman atau tidak sedang menerima pinjaman.

Menurut Teten, masalah data sebelumnya telah dikumpulkan dari berbagai kementerian dan lembaga.

Data tersebut juga sudah dilakukan koordinasi untuk verifikasi dan validasi bersama oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan.

"Telah terkumpul sekitar 17 juta usaha mikro yang bersumber dari koperasi, kepala dinas, OJK, Himbara, Kementerian dan Lembaga, BUMN, dan BLU," terang Teten.

Baca Juga: Syarat UMKM yang Layak Menerima Dana Modal Kerja

Langkah terakhir mengenai persiapan pemberian bantuan modal kerja tahap pertama juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

Menurutnya, dana tersebut sepenuhnya menggunakan anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

"Saat ini kami sedang finalisasi untuk 9 juta target penerima," terang Askolani.

Askolani menambahkan, program tersebut direncanakan meluncur pada 17 Agustus mendatang. Hal itu bertepatan dengan hari kemerdekaan ke 75 Indonesia.

Baca Juga: Terpuruk, Jokowi Minta Menkop Selamatkan Koperasi dan UMKM di Tengah Pandemi

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.