Kompas TV nasional hukum

Jaksa Pinangki Ditahan, Pemberantasan Korupsi Kejagung Disebut Masih Jauh dari Angan-angan

Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:19 WIB
jaksa-pinangki-ditahan-pemberantasan-korupsi-kejagung-disebut-masih-jauh-dari-angan-angan
Jaksa Pinangki Sirna Malasari. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyatakan prihatin atas penangkapan Jaksa Pinangki Sirna Malasari oleh Kejaksaan Agung.

Boyamin Saiman menilai kasus Jaksa Pinangki membuktikan harapkan masyarakat untuk jaksa memberantas korupsi masih jauh dari angan-angan.

“Dalam tataran idealisme, semestinya Kejaksaan atau pegawai Kejaksaan Agung itu kan yang memberantas korupsi dan yang mestinya kita harapkan memberi contoh masyarakat untuk patuh hukum dan tidak melanggar hukum,” kata Boyamin Saiman kepada Kompas TV di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga: Kejaksaan Agung Tahan Jaksa Pinangki

Boyamin Saiman lebih lanjut mengaku kecewa dengan respons Kejaksaan Agung yang kalah cepat jika dibanding dengan Polri dalam menghadapi kasus Djoko Tjandra. Polri, sambung Boyamin, sudah menahan dan menetapkan tersangka terkait kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra. 

“Meski demikian kami mengapresiasi langkah tegas yang terlambat jika dibandingkan dengan kepolisian yang sudah menahan dan mentersangkakan orang. Beda dengan Kejaksaan Agung yang nampak harus didorong terlebih dahulu untuk melakukan tindakan tegas,” ujar Boyamin.

Boyamin berharap Kejaksaan Agung tidak hanya berhenti dengan penetapkan tersangka dan menahan Jaksa Pinangki. Lebih dari itu, Boyamin ingin Kejaksaan Agung mampu mengembangkan kasus ini ke level pemberi gratifikasi.

Editor : Idham Saputra

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:26
ANTISIPASI BANJIR, PEMKOT TANGERANG SIAGAKAN 273 UNIT POMPA AIR   PEKAN DEPAN, PN JAKPUS AKAN GELAR SIDANG PERDANA GUGATAN ADVOKAT OTTO HASIBUAN TERHADAP DJOKO TJANDRA   ADVOKAT OTTO HASIBUAN AJUKAN GUGATAN PENUNDAAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN UTANG (PKPU) TERHADAP DJOKO TJANDRA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO: KAMPANYE PILKADA HANYA BOLEH DIGELAR TERTUTUP DAN DIBATASI MAKSIMAL 50 ORANG PESERTA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO TEGASKAN TAK BOLEH ADA GELARAN KAMPANYE TERBUKA DALAM PILKADA SERENTAK 2020 DI JATENG   POLRI JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP 12 ORANG DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG UTAMA KEJAKSAAN AGUNG   KEMENAG: HASIL TES USAP 48 ORANG YANG SEMPAT BERINTERAKSI DENGAN MENAG FACHRUL RAZI DINYATAKAN NEGATIF COVID-19   APLIKASI LACAK TRANS AKAN TAMPILKAN RUTE TRANSPORTASI DAN DAERAH YANG MEMILIKI TINGKAT PENYEBARAN COVID-19 TINGGI   BPTJ LUNCURKAN APLIKASI LACAK TRANS YANG BISA MEMBANTU WARGA MENDAPATKAN INFORMASI POTENSI PENULARAN COVID-19   SEBANYAK 11 NAPI DI LAPAS GARUT, JAWA BARAT, DINYATAKAN POSITIF COVID-19 DARI HASIL PEMERIKSAAN TES USAP   PEMKOT TANGERANG SELATAN BERENCANA MENAMBAH 250 TEMPAT TIDUR CADANGAN UNTUK PASIEN COVID-19   PHRI SEBUT BANYAK RESTORAN TUTUP DAN PEGAWAI TERKENA PHK KARENA KEBIJAKAN LARANGAN MAKAN DI TEMPAT   PHRI MEMINTA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN IZINKAN RESTORAN DI MAL DAN HOTEL MELAYANI “DINE IN” ATAU MAKAN DI TEMPAT   DISNAKERTRANS DKI TUTUP SEMENTARA 113 PERUSAHAAN KARENA TAK MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA PSBB