Kompas TV bisnis kompas bisnis

Di Tengah Pandemi, Peringatan 43 Tahun Pasar Modal Indonesia Digelar Secara Virtual

Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Hari ulang tahun atau peringatan 43 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia, tahun ini dirayakan secara berbeda.

Di tengah pandemi, perayaan mau tak mau harus digelar secara virtual.

Acara seperti Capital Market Summit and Expo dan juga Public Expose Live dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun pandemi tak berarti menurunkan kualitas. Bursa Efek Indonesia pun tetap menjaga pelayanan kepada seluruh stakeholders.

Di usianya yang semakin bertambah, tantangan tentu makin besar. Salah satunya adalah bagaimana meningkatkan jumlah investor pasar modal.

Saat ini jumlah investor Pasar Modal Indonesia yang tercatat di kustodian sentral efek Indonesia adalah 3,02 juta investor, naik 17,8% dibanding tahun 2019.

Jumlah ini juga meningkat pesat kalau dibanding tahun 2016, di mana investor berjumlah 894 ribu.

Ini berarti kurang dari 1% warga yang tercatat berinvestasi di pasar modal.

Padahal di negara lain angkanya bisa mencapai 20% investor dari total populasi.

Tak hanya butuh literasi, peningkatan infrastruktur dan perlindungan investor juga harus digenjot pasar modal.

Selama pandemi, transaksi rata-rata investor harian ritel saham yang bertransaksi meningkat.

Di bulan Maret rata-rata transaksi mencapai 51 ribu, naik 82% pada bulan Juli menjadi 93 ribu transaksi.

Ini bisa jadi celah untuk Bursa Efek Indonesia terus menggenjot investor lokal. Agar pasar modal Indonesia bisa dikuasai investor dalam negeri.

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:37
WEEKEND SERU DI RUMAH! DISKON 30% ALL PRODUCTS DI GERAI.KOMPAS.ID AKSES KLIK.KOMPAS.ID/MAINDIRUMAH   PM BARU JEPANG YOSHIHIDE SUGA MASIH OPTIMISTIS GELAR OLIMPIADE PADA 2021   SEBANYAK 22 ORANG TERMASUK TARUNA MILITER TEWAS DALAM KECELAKAAN PESAWAT AU UKRAINA YANG JATUH DI DEKAT KHARKIV   SEBANYAK TIGA ORANG TEWAS AKIBAT KEBAKARAN DI GEDUNG HUAWEI DI KOTA DONGGUAN, TIONGKOK   PRESIDEN BRASIL JAIR BOLSONARO JALANI OPERASI PENGANGKATAN BATU KANDUNG KEMIH   SEBELAS PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SEPAKAT PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO SEGERA BAHAS SKEMA BERBAGI BEBAN (BURDEN SHARING) DENGAN MENKEU DALAM WAKTU DEKAT   CEGAH PENULARAN KORONA, KORLANTAS POLRI GELAR TES CEPAT BAGI SOPIR DAN KONDEKTUR BUS DI JAKARTA   PRESIDEN JOKOWI AJAK UMAT ISLAM UNTUK PERBANYAK INFAK DAN SEDEKAH DI MASA PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI: BUTUH KERJA SAMA SELURUH MASYARAKAT UNTUK BISA MEMUTUS RANTAI PENULARAN KORONA   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK BISA BEKERJA SENDIRIAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI KORONA   KPK AKAN MENGEVALUASI SISTEM KEPEGAWAIANNYA PASCAMUNDUR SEJUMLAH PEGAWAI KPK   KPK MENCATAT TOTAL 157 PEGAWAINYA TELAH MENGUNDURKAN DIRI SELAMA PERIODE 2016-SEPTEMBER 2020   KPK MENDUGA KEBUN SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, MILIK NURHADI MERUPAKAN BUAH HASIL TINDAK PIDANA SUAP DAN GRATIFIKASI