Kompas TV regional berita daerah

Mahalnya Kuota Internet, Siswa Belajar dengan Radio Komunikasi di Yogyakarta

Rabu, 12 Agustus 2020 | 11:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak cara agar proses belajar mengajar bisa terus dilakukan di masa pandemi Covid-19. Seperti di Kulon ProgoYogyakarta, ada sebuah sekolah yang menggunakan handi talkie untuk perangkat radio panggil komunikasi.

Mengajar melalui perangkat radio panggil, kini rutin dilakukan oleh para guru di Sekolah Dasar Negeri Dua Konoman, di Kulon ProgoYogyakarta. Cara mengajar jarak jauh seperti ini, menjadi solusi di masa pandemi Covid-19.

Mahalnya kuota internet, ditambah susahnya sinyal seluler di pedesaan, menjadi pertimbangan pihak sekolah tidak lagi menggunakan cara belajar daring umum yang digunakan oleh sekolah lain saat ini. Belajar melalui perangkat radio panggil, ternyata juga dianggap lebih mudah oleh para siswa. Pasalnya, dengan radio panggil, mereka bisa lebih leluasa berkomunikasi dengan guru yang berada di sekolah.

Tak hanya para siswa yang merasa cocok dengan cara belajar jarak jauh menggunakan radio panggil, pihak orangtua siswa pun merasa terbantu dengan cara belajar ini. Selain murah, mereka pun tak lagi kebingungan saat mendampingi anak belajar.

Demi lancarnya proses belajar mengajar jarak jauh dengan radio panggil ini, bantuan pun datang dari para relawan yang berasal dari komunitas radio lokal setempat. Selain melakukan pendampingan dalam penggunaan radio panggil, para relawan juga tak sungkan meminjamkan perangkat pada guru dan siswa yang membutuhkan.

#Yogyakarta #RadioKomunikasi #Covid19

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:41
KEMENAG BERHARAP ARAB SAUDI MEMASUKKAN INDONESIA DALAM DAFTAR NEGARA YANG BOLEH MEMBERANGKATKAN JEMAAH UMRAH   DINYATAKAN MELANGGAR KODE ETIK, KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO: SAYA SIAP MENERIMA KONSEKUENSI KEPEGAWAIAN   DEWAS KPK MENYATAKAN KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO BERSALAH MELANGGAR KODE ETIK PEMBERITAAN    MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   GUBERNUR BALI I WAYAN KOSTER KEMBALI BATASI MASYARAKAT SETELAH ADA KLASTER BARU DARI UPACARA ADAT DI BADUNG, BALI   BAWASLU: PKPU PERUBAHAN MENGATUR TAK ADA KONSER MUSIK, ULANG TAHUN PARTAI, BAZAR, PERGELARAN SENI PADA PILKADA 2020   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT