Kompas TV regional berita daerah

Relawan Ajak Masyarakat Ikut Partisipasi Uji Klinis Vaksin

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 23:43 WIB
Penulis : Herwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV-

Relawan uji klinis kandidat vaksin sinovac yang hari ini menjalankan proses uji klinis tahap tiga di RSPU, mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah, berpartisipasi menjadi relawan, dalam uji klinis ini. semangat masyarakat membantu pemerintah sangat diperlukan/ agar covid cepat berlalu.

Nina Fatimah bersama dua orang saudarinya yang selesai menjalani proses uji klinis tahap 3 sebagai relawan menyebut  tidak ada hal yang luar biasa atau aneh dalam proses uji klinis yang ia jalani. Semuanya seperti tes kesehatan pada umumya.

Ia dan saudaranya tiba di gedung RSPU Eijkman dan selanjutnya menjalani proses uji klinis yang berlangsung sekitar 3 jam. Tidak seperti tahapan uji klinis di 5 titik lainnya, tahapan yang ia jalani di RSPU ini, ia dan dua saudarinya telah diberikan suntikan vaksin, bersamaan dengan rapid dan swab tes.
Nina mengaku tidak khawatir berpartisipasi diuji klinis tahap 3 ini. Ia percaya, karena vaksin ini telah melalui serangkaian uji tes dan dijamin oleh badan kesehatan dunia WHO. Nina bahkan mengajak masyarakat untuk tidak tinggal diam dan berpartisipasi dalam uji klinis ini demi kebaikan bersama serta tentunya agar Covid-19 bisa dapat dilawan dengan vaksin yang dihasilkan dari tes.

Jika uji klinis ini berjalan lancar di 5 negara, termasuk Indonesia, Brazil, Chille, India dan Bangladesh, maka pada maret 2021 mendatang, vaksin ini dapat diproduksi secara massal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x