Kompas TV entertainment musik

Mengenal Woro Mustiko, Dalang Cilik Pembuka Konser 100 Hari Didi Kempot

Selasa, 11 Agustus 2020 | 20:57 WIB
mengenal-woro-mustiko-dalang-cilik-pembuka-konser-100-hari-didi-kempot
Dalang cilik Woro Mustiko (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Woro Mustiko Siwi, Dalang cilik yang kini berusia 18 tahun memukau penonton Konser 100 hari Didi Kempot yang tayang di KompasTV, Selasa (11/8/2020).

Woro Mustiko membawakan tema seputar kepergian sang maestro Didi Kempot. Saat gending berbunyi. Woro bak membaca "mantra" wayang kulit berupa struktur kata-kata dengan mencampurkan beberapa lantunan bahasa jawa kuno, dan modern.

"Di awang-awang terdengar suara menggelegar yang seakan-akan menyampaikan kepergian sang maestro. Alkisah, dimana hidupnya setiap karya dibuat dengan rasa dan penghayatan yang tinggi," ucapnya dalam bahasa jawa.

Woro Mustiko dilahirkan dan besar di lingkungan keluarga yang memang kental darah seni terutama Wayang Kulit. Darah seni yang diturunkan dari orangtua, buyut dan eyangnya, mengantarkan menjadi dalang cilik yang serba bisa, piawai menari, menyanyi, bahkan nyinden.

Kakeknya Sri Hadi bahkan dikenal sebagai dalang kondang di Kota Semarang.

Itulah yang membuat bakat seni gadis kelahiran Semarang, 29 Agustus 2002, ini tampak begitu besar. Tak ayal, saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), Woro pun pernah mendapat juara pertama lomba dalang cilik tingkat nasional.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menyiapkan lokasi nonton bareng konser 100 hari Didi Kempot. Acara ini akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Nonton bareng konser 100 hari Didi Kempot akan diadakan di Pendopo Gede Balai Kota Solo.

Agar tidak menimbulkan kerumunan, undangan dibatasi hanya 25 orang, yakni Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan pejabat utama Kota Solo lainnya.

Sejumlah artis dan seniman akan terlibat di konser 100 hari mengenang Didi Kempot. Yuni Shara, Endah Laras, Sruti Respati, dan Sujiwo Tejo, akan membawakan karya Didi Kempot.

Penulis : Ade Indra Kusuma

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19