Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Joko Widodo Tinjau Uji Coba Vaksin Covid-19 di Bandung

Selasa, 11 Agustus 2020 | 19:36 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Uji klinis tahap ketiga vaksin sinovac Tiongkok, mulai dilakukan hari ini (11/8/2020).

Presiden Joko Widodo, meninjau sejumlah tempat pengujian dilakukan. Termasuk tempat pengujian vaksin di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran.

Presiden Joko Widodo juga menyaksikan langsung penyuntikan calon vaksin covid-19 kepada 20 perwakilan relawan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat hari ini.

Uji vaksin tahap tiga akan dilakuakn selama enam bulan ke depan kepada 1620 relawan yang telah dinyatakan lolos dari pengujian respon imun dalam melawan virus melalui tes darah.

Mayoritas relawan adalah warga Bandung, karena mereka harus dalam pemantauan tim peneliti uji klinis vaksin covid-19 selama enam bulan ke depan.

Dalam uji klinis vaksin corona sinovac, yang diselenggarakan fakultas Kedokteran Unpad dan Biofarma, yang akan melibatkan 1620 orang.

Satu diantaranya tercatat nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang ikut daftar sebagai relawan uji klinis vaksi corona sinovac.

Untuk mengikuti uji klinis ini, Ridwan Kamil harus melalui beberapa tahapan, memastikan apakah ia diperbolehkan di vaksin atau tidak.

Presiden Jokowi melakukan peninjauan fasilitas dan kapasistas produksi vaksin covid-19 di Bio Farma.

Bio Farma menyebut pada uji coba vaksin tahap 1 dan tahap 2 di China sudah memperlihatkan hasil positif.

Sehingga jika pada uji coba vaksi tahap tiga berhasil, maka bio farma akan memproduksi 100 juta vaksi pada tahun ini, dan 150 juta dosis vaksin pada tahun depan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Saksikan Penyuntikan Perdana Uji Klinis Vaksin Covid-19

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:07
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR    BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BAWASLU SEBUT PENGUNDIAN NOMOR URUT PASLON PILKADA TAK AKAN DIGELAR JIKA MASSA MELEBIHI BATAS   KAPOLRES MIMIKA TEGASKAN TAK ADA PENGIRIMAN PASUKAN KE INTAN JAYA UNTUK PERKUAT PENGAMANAN WILAYAH   PANDEMI KORONA, KEJARI JAKARTA PUSAT OPTIMALKAN PELAYANAN VIA TEKNOLOGI INFORMASI   KOMISI X DPR SEPAKATI PAGU ANGGARAN KEMENPAREKRAF 2021 SEBESAR RP 4,9 TRILIUN   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEPOLISIAN RESOR MIMIKA LARANG WARGA BERKUMPUL   KPPU DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN PERSAINGAN TAK SEHAT IMPOR BAWANG PUTIH   DUKUNG PJJ DI MADRASAH, KEMENAG GANDENG 5 OPERATOR TELEKOMUNIKASI UNTUK BERIKAN INTERNET GRATIS   KEMENTERIAN KESEHATAN SIAPKAN PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19 DI PENGUNGSIAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DORONG PEMBERIAN INSENTIF UNTUK PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO APRESIASI KERJA KERAS PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AJUKAN PENAMBAHAN 60 KAMERA ETLE KE PEMPROV DKI   ANTISIPASI BANJIR, WALI KOTA BEKASI INGATKAN STAFNYA TAK TERLAMBAT BUKA PINTU BENDUNGAN KALI BEKASI