Kompas TV regional berita daerah

MOIORUM, Anggrek Temuan Dari Tanah Moi

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 17:29 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Moiorum memiliki arti Belong to moi tribe atau milik suku Moi. Mengingat Anggrak ini merupakan jenis tanam yang ditemukan di tanah Moi, yang turut merawat kawasan taman wisata alam. Suku moi sendiri merupakan suku asli di Sorong, Papua Barat. Nama anggrek ini diberikan oleh dirjen KSDE terinpirasi dari konsep sepuluh cara kelola taman konservasi. Pada butir pertama yakni masyarakat sebagai subjek pengelola kawasan.

Berdasarkan penelitian pengendali ekosistem hutan, spesialisasi anggrek di Papua kurang lebih 2.889 jenis anggrek dan kurang lebih sudah ditemukannya 99 jenis anggrek. Untuk papua barat sendiri yang ditemukan salah satunya anggrek moiorium. Tanaman ini tumbuh pada beberapa jenis pohon yang ada di kawasan taman wisata alam.

Saat ini balai besar konservasi sumber daya alam papua barat telah membuat rumah anggrek yang dinamakan herbarium untuk menyimpan bibit tanaman anggrek dengan beragam jenis. Kedepannya dengan penataan kawasanTWA ini, maka tempat penanaman anggrek dapat menjadi salah satu icon wisata di kota sorong.

Tujuan ditanamanya anggrek moi menjadi sangat penting untuk meningkatkan kebanggan Suku moi atas kekayaan alam yang dimiliki. Diharapkan masyarakat suku moi lebih antusias dalam penggalian kekayaan alam yang dimiliki dan mampu menjaga serta melestarikannya.

Pada saat perkenalan anggrek moi, balai besar konservasi sumber daya alam dan pemerintah, masyarakat suku moi dan juga beberapa organiasai melakukan penanaman anggrek bersama di kawasan rumah anggrek pada tempat wisata alam. 

#SorongPapuaBarat #TanamanAnggrek #HutanLindung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x